Kejuaraan Renang Antar Sekolah dan Perguruan Tinggi digelar di Kolam Renang UNY Wates, Kulonprogo, Sabtu (12/2/2022) dan Minggu (13/2/2022). (Foto: olenas.id)

OLENAS.ID – Atlet renang Ni Putu Pande Lisa Primasari sukses membawa Home Schooling Primagama, Denpasar, menjadi juara umum Kejuaraan Renang Antar Sekolah dan Perguruan Tinggi (KRAS) Dispora Sleman Cup 2022 di Kolam Renang UNY Wates, Kulonprogo, DIY, yang berakhir Minggu (13/2/2022). Performa terbaik juga ditunjukkan perenang Arjuna Wira Negara Putra yang merebut 5 emas dan 4 perak di KU 5 putra.

Pande Lisa kembali tak terbendung di KRAS. Dirinya mengulang sukses pada 2019. Saat itu, dirinya yang masih duduk di bangku SD meraup 11 emas dan 2 perak. Semua medali diperoleh Pande Lisa yang turun di kelompok umur (KU) 3. KU tersebut untuk perenang berusia 12-13 tahun.

Tahun berikutnya, perenang nomor satu nasional ini tetap meraih prestasi luar biasa. Pande Lisa yang sudah duduk di bangku SMP di Home Schooling Primagama memborong semua medali emas dari 13 kategori yang diikuti.

Keberhasilan di KRAS memotivasi dia untuk mencapai limit 58 detik di nomor 100 m gaya bebas.

Namun sekolahnya gagal mempertahankan gelar juara umum yang direbut Ragunan Sport Jakarta dengan 24 emas, 20 perak dan 6 perunggu. Disusul SMPN 3 Kota Denpasar dengan 16 emas, 11 perak dan 5 perunggu. HS Primagama sendiri menduduki peringkat 3.

Ni Putu Pande Lisa Primasari membawa sekolahnya, Home Schooling Primagama, menjadi juara umum Kejuaraan Renang Antar Sekolah dan Perguruan Tinggi di Kolam Renang UNY Wates, Kulonprogo,. (Foto: olenas.id)

Pada gelaran 2022, Pande Lisa kembali menunjukkan kehebatannya. Dia nyaris tak memiliki pesaing sehingga mampu merebut 10 emas dan 1 perak. Dari 14 nomor di KU 2, perenang dari Jakarta Aquatic Club ini mengikuti 11 nomor. Dan, dia meraih medali di semua nomor yang diikutinya.

“Dia hanya gagal di 100 m gaya dada dan meraih perak. Keberhasilan di KRAS memotivasi dia untuk mencapai limit 58 detik di nomor 100 m gaya bebas. Saat ini, pencapaian dia 59,18 detik,” ujar I Putu Sudana, ayah Pande Lisa.

Aksi perenang kelas 3 SD, Arjuna Wira Negara, di Kejuaraan Renang Antar Sekolah dan Perguruan Tinggi di Kolam Renang UNY Wates, Kulonprogo. (Foto: olenas.id)

HS Primagama sendiri menjadi yang terbaik setelah mengungguli SD Yaspen Tugu Ibu, Depok, yang mendapatkan 8 emas dan 1 perak. Disusul Brawijaya Smart School, Malang, yang mengantungi 8 emas.

Pande Lisa Jadi Terbaik

Sukses Pande Lisa di KRAS kian lengkap. Dirinya tak hanya mengantarkan HS Primagama menjadi juara umum tetapi juga terpilih sebagai Atlet Terbaik di KU 2.

Di bagian putra, perenang Farand Gavrila Simon Putra menjadi terbaik. Siswa SMP Negeri 5 Balikpapan ini meraih 5 emas dan 2 perak.

Prestasi gemilang juga diperlihatkan Patrice Eugenia Fauzi yang berlaga di KU 4. Dirinya meraih 8 emas yang menjadikan Brawijaya Smart School menduduki peringkat 3 dalam perolehan medali.

Penampilan perenang di Kejuaraan Renang Antar Sekolah dan Perguruan Tinggi digelar di Kolam Renang UNY Wates, Kulonprogo. (Foto: olenas.id)

Pencapaian sama dari Ailsa Akhila Maulida yang meraih 8 emas dan 1 perak di KU 5. Sukses itu menjadikan sekolahnya, SD Yaspen Tugu Ibu, sebagai runner up kejuaraan.

Di KU 5 bagian putra, perenang dari Probolinggo, Arjuna Wira Negara menjadi yang terbaik setelah mengantungi 5 emas dan 4 perak. Sekolahnya, SD Negeri Kanigaran 1 menduduki peringkat 4. Unggul 1 perak dengan SMP Negeri 3 Denpasar yang menjadi runner up pada 2020.

Aksi perenang di Kejuaraan Renang Antar Sekolah dan Perguruan Tinggi di Kolam Renang UNY Wates, Kulonprogo, Minggu (13/2/2022). (Foto: olenas.id)

Meski tidak menyangka mampu membawa pulang 9 medali, namun siswa kelas 3 SD Negeri Kanigaran 1 ini memang mempersiapkan diri mengikuti kejuaraan.

“Dia menambah porsi latihan menjadi pagi dan sore sebagai persiapan mengikuti KRAS. Arjuna memang memiliki talenta bagus. Meski masih muda sekali, dia sudah menetapkan menekuni olahraga renang. Ini memungkinkan dia untuk meraih mimpi tampil di kejuaraan internasional,” kata Suharto, pelatihnya di klub Buana Tirta.

Buana Tirta mengirim 2 atlet, Arjuna dan adiknya, Rifqi Wira Negara. Namun Rifqi gagal meraih medali.*

Atlet Terbaik

  1. Muhammad Zidane KU 1+ putra SMA Negeri 3 Depok 4 emas 3 perak
  2. Farand Gavrila Simon Putra KU 2 putra SMP Negeri 5 Balikpapan 5 emas 2 perak
  3. I Nyoman Gede Yajamana Swaha KU 3 putra SMP Negeri 3 Denpasar 5 emas 3 perak 3 perunggu
  4. Narendra Ridho Maulana KU 4 putra SD Negeri Ngastemi 1 Bangsal Mojokerto 4 emas 2 perak 2 perunggu
  5. Arjuna Wira Negara KU 5 putra SD Negeri Kanigaran 1 Probolinggo 5 emas 4 perak
  6. Myeisha Fauzyandani Aristanto KU 1+ putri SMA Negeri 15 Depok 4 emas 1 perunggu
  7. Ni Putu Pande Lisa Primasari KU 2 putri Home Schooling Primagama Denpasar 10 emas 1 perak
  8. Almira Balqis Azizi Afladea KU 3 SMP Negeri 1 Kraksaan Probolinggo 4 emas 1 perak 1 perunggu
  9. Patrice Eugenia Fauzi KU 4 putri Brawijaya Smart School Malang 8 emas
  10. Ailsa Akhila Maulida KU 5 putri SD Yaspen Tugu Ibu Depok 8 emas 1 perak

Perolehan Medali

  1. Home Schooling Primagama Denpasar 10 emas 1 perak
  2. SD Yaspen Tugu Ibu Depok, 8 emas 1 perak
  3. Brawijaya Smart School Malang, 8 emas
  4. SD Negeri Kanigaran 1 Probolinggo 5 emas 4 perak
  5. SMP Negeri 3 Denpasar 5 emas 3 perak 3 perunggu
  6. SMP Negeri 5 Balikpapan 5 emas 2 perak
  7. SD Tunas Daud Denpasar 4 emas 3 perak
  8. SMA Negeri 3 Depok 4 emas 3 perak
  9. SD Negeri Ngastemi 1 Bangsal Mojokerto 4 emas 2 perak 2 perunggu
  10. SMP Negeri 1 Kraksan Probolinggo 4 emas 1 perak 1 perunggu
  11. Universitas Padjadjaran Bandung 4 emas 1 perak 1 perunggu
Artikulli paraprakGaleri, Kejuaraan Renang Antar Sekolah dan Perguruan Tinggi di UNY Wates, Kulonprogo
Artikulli tjetërPersik Vs Persela Lamongan, Kian Melejit Saat PS Sleman Menurun