Pengecekan suhu bagi siapa pun saat di Kejuaraan Renang Antar Sekolah dan Perguruan Tinggi 2022 (KRAS 2022) di Kolam Renang UNY Wates, Kulonprogo, DIY. (Foto: olenas.id)

OLENAS.ID – Kejuaraan Renang Antar Sekolah dan Perguruan Tinggi 2022 (KRAS 2022) berjalan sangat lancar dan aman. Penyelenggaraan kejuaraan di tengah pandemi mendapat apresiasi. Bahkan KRAS bisa menjadi contoh cabang olahraga lain dalam penyelenggaraan event.

Pelaksanaan KRAS di Kolam Renang UNY Wates, Kulonprogo, DIY, Sabtu (12/2/2022) dan Minggu (13/2/2022), memang mengesankan. Dengan jumlah peserta yang mencapai ribuan sekaligus memecahkan rekor, kejuaraan tingkat nasional ini bisa berjalan tanpa halangan di tengah pandemi. Ini bisa dilakukan karena kejuaraan menerapkan prosedur kesehatan (prokes) secara ketat.

Ketua Panitia Danang Prio Sambodo menuturkan KRAS bisa berjalan lancar karena menerapkan prokes. Bahkan panitia melibatkan sejumlah petugas dari kepolisian, TNI dan Satpol PP untuk pelaksanaan prokes di tengah pandemi.

Ini bisa menjadi contoh cabang olahraga lain saat menggelar kejuaraan. Apalagi bila kejuaraan olahraga lain tidak sebanyak KRAS

Prokes diterapkan kepada siapa pun yang masuk arena. Mereka dicek suhu sebelum masuk dan harus mencuci tangan serta menjaga jarak sehingga tidak tercipta kerumunan. Tak hanya saat masuk kolam tetapi dalam setiap kesempatan, siapa pun diminta untuk mencuci tangan dengan hand sanitizer yang banyak tersedia.

Selain itu, petugas setiap 15 menit selalu mengingatkan melalui pengeras suara kepada siapa pun untuk tidak lupa mencuci tangan dan menjaga jarak. Para petugas, apakah itu polisi anggota TNI maupun Satpol PP tak henti mengingatkan atlet atau pendamping, pelatih atau orang tua untuk mematuhi prokes.

“Pelaksanaan KRAS memang berbeda kali ini karena kami harus mengikuti prokes. Ada banyak petugas dari kepolisian, Satpol PP dan TNI yang turut membantu kelancaran,” kata I Putu Panda, ayah dari Ni Putu Pande Lisa Primasari yang mengantarkan sekolahnya, Home Schooling Primagama menjadi juara umum KRAS.

Kejuaraan Renang Antar Sekolah dan Perguruan Tinggi 2022 (KRAS 2022) di Kolam Renang UNY Wates, Kulonprogo, DIY, dengan prokes ketat. (Foto: olenas.id)

“Pelaksanaan ini bisa menjadi contoh bagi event olahraga bila ingin menggelar kejuaraan,” ujar dia.

Ketua Pengkab PRSI Sleman Beri Apresiasi

Hal senada dikatakan Ketua Pengkab PRSI Sleman Bambang Sigit Sulaksono yang memberi apresiasi terhadap pelaksanaan kejuaraan yang berjalan lancar dengan peserta yang mencapai 1128 atlet dari 23 provinsi. Ini memecahkan rekor peserta KRAS.

“Saya memberi apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Dengan jumlah ribuan peserta, kejuaraan bisa berjalan tertib, lancar dan tanpa halangan. Ini bisa menjadi contoh cabang olahraga lain saat menggelar kejuaraan. Apalagi bila kejuaraan olahraga lain tidak sebanyak KRAS,” ucap Bambang.

Kejuaraan Renang Antar Sekolah dan Perguruan Tinggi 2022 (KRAS 2022) di Kolam Renang UNY Wates, Kulonprogo, DIY, menerapkan prokes ketat. (Foto: olenas.id)

Menurut dia KRAS sudah makin berkembang dan menjadi kejuaraan berskala nasional. Ini bisa menjadi rujukan event antar sekolah dan perguruan tinggi.

“Kalau menurut saya, peserta kejuaraan cabang olahraga lain tidak sebanyak ini. Jadi, layak untuk diapresiasi bila pelaksanaan berjalan lancar dan aman. Bila menjadi kalender rutin, ini memberi pengaruh ke klub dan sekolah. Ini bisa jadi rujukan kejuaraan antar sekolah dan perguruan tinggi,” kata dia lagi.

KRAS juga menjadi kampanye vaksinasi karena siapa pun yang tidak mendapat vaksin yang bisa mengikuti kejuaraan. Hal itu dikatakan Sony Wira Negara, salah satu orang tua yang mendampingi anaknya mengikuti KRAS.

“Peserta harus sudah vaksin dua kali. Ini menjadikan persyaratan mengikuti KRAS memang ketat. Ini hal yang bagus karena mengampanyekan vaksinasi ke masyarakat. Bila belum vaksin, atlet tidak bisa ikuti kejuaraan,” kata Sony, ayah dari Arjuna Wira Negara yang meraih 5 emas dan 4 perak. Dirinya mengantarkan SD Negeri Kanigaran 1 Probolinggo menduduki peringkat 4 dan dan Arjuna menjadi atlet terbaik KU 5.*

Artikulli paraprakSpezia Vs Fiorentina, Ada Sofyan yang Menangkan La Viola
Artikulli tjetërDirekrut Tokyo Verdy, PSIS Semarang Lepas Pratama Arhan Secara Gratis