Bek kiri PSIS Semarang Pratama Arhan bergabung dengan klub Jepang Tokyo Verdy secara gratis. (Foto: olenas.id/Tokyo Verdy)

OLENAS.ID – Bintang muda PSIS Semarang Pratama Arhan akhirnya bermain di luar negeri. Dirinya direkrut klub Liga 2 Jepang (J League 2) Tokyo Verdy. Menariknya, PSIS melepas pemain tim nasional Indonesia ini secara gratis.

Penampilan gemilang Arhan Piala AFF 2021 telah mencuri perhatian klub-klub di Asia. Sempat menjadi rumor setelah Arhan turut mengantarkan Indonesia menjadi runner up di Piala AFF, bek kiri berusia 20 ini akhirnya meninggalkan BRI Liga 1 2021/2022.

Ya, Arhan mendapat kesempatan menjajal kompetisi kasta ke-2 Liga Jepang atau Meiji Yasuda J2 League saat bergabung dengan Tokyo Verdy. Dalam laman resmi J. League edisi bahasa Indonesia, dia disebut bintang Asia Tenggara terbaru yang pindah ke Jepang.

Hari ini kami umumkan Pratama Arhan secara resmi dilepas ke Tokyo Verdy

Arhan disebutkan tampil luar biasa di Piala AFF sehingga meraih gelar Pemain Muda Turnamen setelah mencetak gol penting melawan Malaysia dan Singapura. Menurut laman itu, dia diharapkan bisa turut membantu Tokyo Verdy promosi ke Meiji Yasuda J1 League.

Tokyo Verdy sendiri merupakan salah satu klub elite di Jepang yang pernah memenangi total 25 trofi. Termasuk 7 kali menjadi juara J1 League. Mereka juga memenangi Liga Champions Asia 1987. Saat itu, klub masih bernama Yomiuri FC.

Hanya, mereka menjadi juara tanpa perlu bertanding karena lawannya, Al Hilal, kehilangan 9 pemain inti yang dalam waktu bersamaan dengan pertandingan dipanggil timnas Arab Saudi.

Verdy kemudian mengalami kemerosotan dan terdegradasi setelah menduduki peringkat 17 atau kedua dari bawah pada musim 2008. Sejak itu, tim dengan jersey identik warna hijau ini tak pernah lagi berkompetisi di kasta tertinggi.

Perekrutan Arhan oleh klub Jepang menjadikan PSIS bangga. Tim kebanggaan Ibu Kota Jawa Tengah ini tak keberatan melepas Arhan untuk bermain di luar negeri. Bahkan Mahesa Jenar melepas pemainnya secara gratis.

“Hari ini kami umumkan Pratama Arhan secara resmi dilepas ke Tokyo Verdy,” kata CEO PSIS Semarang A.S. Sukawijaya.

Menurut dia, transfer tanpa biaya sepeser pun tersebut merupakan bentuk dukungan PSIS bagi anak asuhnya yang akan berkarier di luar negeri. Dalam laman transfermarkt juga disebutkan bila Verdy mendapatkan Arhan dengan status bebas transfer.

“Arhan akan tetap membawa nama PSIS untuk mempromosikan di kancah internasional,” ujar Yoyok Sukawi, sapaannya. PSIS pun siap menampung kembali Arhan bila suatu saat nanti kembali ke tanah air.*

Artikulli paraprakDiapresiasi, KRAS 2022 yang Pecahkan Rekor Peserta
Artikulli tjetërHasil Lengkap KRAS 2022