Tendangan bebas Risna Prahalabenta memberi prahara bagi Arema FC. (Foto : Persik Kediri)

OLENAS.ID – Persik Kediri di luar dugaan mampu menumbangkan Arema FC 0-1 dalam laga pekan ke-28 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Minggu (27/2/2022). Kejutan itu tak hanya membuat Arema FC makin sulit memuncaki klasemen tapi juga mengantar Macan Putih melesat ke peringkat 8 dengan raihan 36 poin.

Pertarungan ketat di lini tengah disajikan oleh kedua tim sejak menit pertama. Striker Arema, Carlos Fortes dan bomber Persik Kediri, Youssef Ezejjari mendapat penjagaan ketat. Pertarungan berlangsung menarik dengan upaya menerobos jantung pertahanan lewat umpan-umpan silang.

Peluang pertama Arema didapat di menit ke-22, namun tendangan bebas Rizky Dwi Febrianto langsung ke gawang masih ditepis oleh Dikri Yusron. Lima menit kemudian sepakan Ezzejjari yang menerima umpan dari Faris Aditama melenceng dari gawang Arema.

Begitu juga tandukan Carlos Fortes, yang memanfaatkan umpan silang dari Dendi Santoso, masih juga melenceng dari gawang Persik yang dikawal Dikri Yusron. Kiper Persik ini juga melakukan beberapa kali penyelamatan gemilang.

Arema yang tampil dominan mendapat peluang emas di menit ke-43 lewat Alfarizi. Bola liar dari hasil perebutan Muhammad Rafli dan Arthur Felix disambar dengan tendangan kanan Alfarizi yang tidak terkawal. Sayangnya bola membentur mistar.

Kedua tim kembali berupaya menyerang. Arema masih jadi yang dominan dengan mendapat kesempatan pada menit ke-43 setelah perebutan bola antara Muhammad Rafli dan Arthur Felix. Bola liar disambar oleh Alfarizi, tapi membentur mistar.

Babak pertama berakhir imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, Macan Putih tampil agresif. Peluang pertama langsung didapatkan di menit ke-48 melalui tendangan bebas yang dieksekusi oleh Risna Prahalabenta. Namun bole melenceng dari gawang setelah mengenai Fortes.

Risna kembali mendapatkan kesempatan di menit ke-52, namun kali ini tendangan bebasnya mampu ditangkap Adilson Maringa.

Peluang Arema di menit ke-61 lewat Sandi Sute yang melepas tembakan ke gawang Macan Putih juga tidak membuahkan hasil. Sepakan Sute bisa diamankan oleh Dikri Yusron. Peluang lain lewat sundulan Dendi Santoso di menit ke-65 juga sia-sia setelah bola melambung di atas mistar.

Sedangkan peluang emas Persik lewat sundulan Sroyer masih lemah, tepat di pelukan Maringa di menit ke-72. Padahal umpan matang dari Faris Aditama ke Sroyer yang berdiri bebas di depan kiper begitu memanjakan. Tapi hanya sundulan lemah dan tepat ke arah kiper. Faris yang cedera digantikan oleh Antoni Nugroho.

Risna Pahalabenta akhirnya mampu mengoyak jala Maringa, kembali lewat tendangan bebas di menit ke-84. Maringa mampu membaca arah bola tapi tak kuasa menahan hujaman ke sudut atas kanan gawangnya. Gol indah itu menjadi prahara bagi Arema FC yang tak mampu dibalas hingga wasit Oki DwiPutra meniup peluit panjang.

Meski kekalahan ini tak menggeser posisi Arema sebagai runner-up dengan 55 poin, namun Persib Bandung dan Bhayangkara FC punya potensi besar menggusurnya. ***

Artikulli paraprakBurnley Vs Tottenham, Antonio Conte Siap Berhenti Usai Kalah
Artikulli tjetërLazio Vs Napoli, Sudah Pesta Scudetto