AC Milan merayakan gol Pierre Kalulu (kanan) di laga melawan Empoli di Serie A Italia. (Foto: olenas.id/Twitter/ACMilan)

OLENAS.ID – AC Milan mengukuhkan posisinya di puncak klasemen Serie A Italia usai mengalahkan Empoli 1-0, Minggu (13/3/2022) dini hari WIB. Namun Milan masih jauh dari Scudetto. Pelatih Stefano Pioli, bahkan, menyebut Juventus sebagai salah satu pesaing juara.

Penantian Milan selama 11 tahun terakhir segera berakhir? Apakah Milan bisa kembali juara setelah terakhir kali melakukannya pada 2011? Belum tentu. Milan memang menduduki tahta klasemen dengan poin 63. Unggul 5 poin dengan rival satu kota, Inter Milan.

Namun perjalanan mereka belum berakhir. Inter sendiri masih memiliki 2 pertandingan. Bila berhasil mengalahkan Torino, Minggu dini hari pukul 02.45 WIB, Inter bakal merapatkan jarak poin dengan Milan.

Jelas 9 pertandingan tersisa itu tidak sedikit. Masih ada 27 poin dan itu sangat banyak

Selain Inter masih ada Napoli yang bertengger di peringkat 3 dengan poin 57. Ini berarti, Milan unggul 6 poin dengan Napoli. Terutama bila Napoli kalah dari Verona pada pertandingan nanti malam, maka Milan bisa bernapas lega untuk sejenak karena mempertahankan jarak poin mereka.

Di luar 2 rival itu, Pioli justru memberi perhatian kepada Juventus yang mengalahkan Sampdoria 3-1. Bagaimana tidak, JUve menunjukkan tren positif. Grafik mereka terus menanjak dan tak pernah kalah sejak 28 November 2021. Saat itu, Juve harus mengakui keunggulan Atalanta 1-0.

Usai kekalahan itu, I Bianconeri tak terbendung. Mereka tak terkalahkan dan menahan Milan 0-0 di San Siro. Kemenangan atas Sampdoria menjadikan Juve mengukuhkan posisinya di zona Liga Champions. Kini, mereka menduduki peringkat 4 dengan poin 56. Atau hanya terpaut 7 poin dengan Milan.

Milan Belum Aman

Pioli menyatakan tahta yang berada dalam genggaman Milan belum aman karena jarak poin mereka masih berada dalam jangkauan para rival. Ini yang menjadikan tak hanya Inter dan Napoli tetapi Juve yang berada di peringkat 4 pun masih bisa mengejar Rossoneri.

Apalagi, kompetisi masih menyisakan 9 pertandingan. Artinya persaingan tetap sangat terbuka karena apa pun masih bisa terjadi di liga.

“Pesaing kami [dalam perebutan titel liga, yaitu Inter dan Napoli] baru akan menyelesaikan pertandingan. Masih ada banyak pertandingan yang memungkinkan untuk saling mengejar,” kata Pioli kepada Sky Sport.

“Juventus juga termasuk salah satu pesaing juara. Jelas 9 pertandingan tersisa itu tidak sedikit. Masih ada 27 poin dan itu sangat banyak,” ujar dia.

Pioli menyebut ada 5 tim yang berpeluang meraih Scudetto. Ini berarti, Atalanta pun masuk perhitungan Pioli.

Milan Tunjukkan Konsistensi

Milan sendiri menunjukkan konsistensinya di kompetisi domestik saat mengalahkan Empoli 1-0 lewat gol Pierre Kalulu. Kemenangan itu merupakan yang ke-7 secara berturut-turut.

Kalulu pun menjadi pemain ke-16 yang mencetak gol bagi Milan. Meski puas dengan kemenangan dan penampilan tim, Pioli menilai Milan harus bisa bermain lebih baik lagi.

“Lawan membuat kami mengalami kesulitan. Tetapi kami memang harus makin berkembang. Akan lebih baik bila penampilan kami terus meningkat,” kata Pioli.*

Artikulli paraprakChelsea vs Newcastle United, Prediksi dan Susunan Pemain
Artikulli tjetërMadrid Tinggalkan Sevilla dan Barcelona, Ancelotti Malah Sebut Final Liga Champions 2005. Mengapa?