Pemain depan Chelsea Kai Havertz (kanan) menjadi andalan saat menghadapi Newcastle United. (Foto: olenas.id/Twitter/Chelsea)

OLENAS.ID – Chelsea berharap menjaga tren positif saat menghadapi Newcastle United di kompetisi Liga Premier Inggris di Stadion Stamford Bridge, Minggu (13/3/2022) pukul 21.00 WIB. Dengan tren bagus dan tampil di kandang sendiri menjadikan bursa mengunggulkan Chelsea. Apalagi, The Blues bisa turun dengan skuat terbaik.

Situasi Chelsea memang kian runyam. Sang pemilik, Roman Abramovich, mendapat sanksi dari pemerintah Inggris gara-gara konflik Rusia-Ukraina. Abramovich pun harus melepas kepemilikannya. Dan, sejumlah miliuner sudah disebut-sebut akan membeli saham klub.

Tak berhenti di situ, sponsor bakal hengkang. Selanjutnya masa depan manajer Thomas Tuchel sudah tidak jelas. Meski membawa Chelsea memenangi Liga Champions dan kini bertengger di peringkat 3 klasemen sementara, Tuchel mengaku masa depannya di Stamford Bridge masih tak menentu.

Saat ini belum ada solusi. Jadi, kita lihat saja hari demi hari

“Saya tak bisa memprediksi masa depan saya. Sampai Minggu ini, bahkan sampai Kamis, masa depan saya masih di sini [Chelsea],” kata Tuchel seperti dikutip Express.

“Saat ini belum ada solusi. Jadi, kita lihat saja hari demi hari,” ucap eks pelatih Paris Saint-Germain ini.

Meski tidak ada kejelasan masa depan, namun Tuchel tetap fokus pada klub. Dirinya pun ingin mempertahankan tren positif saat Chelsea menghadapi jadwal yang padat.

Usai menang 3-1 atas Norwich di laga pertengahan pekan, kini The Blues meladeni Newcastle. Selanjutnya, mereka terbang ke Prancis menghadapi Lille di laga ke-2 babak 16 besar Liga Champions, Kamis (17/3/2022) dini hari WIB. Chelsea sendiri hanya butuh imbang karena pada laga pertama di Stamford Bridge, N’Golo Kante dkk sudah unggul 2-0.

Hanya, Tuchel tak ingin fokus pemain terpecah. Apalagi, mereka tetap menargetkn 3 poin pada laga melawan Newcastle yang belakangan menunjukkan performa terbaik. Sejumlah pemain memang bakal absen seperti Reece James dan Ben Chilwell yang cedera. Begitu pula Cesar Azpilicueta dan Christian Pulisic yang masih sakit serta Marcos Alonso terkena Covid-19. Sedangkan Callum Hudson-Odoi yang cedera achilles diragukan bisa tampil.

Chelsea Turunkan Skuat Terbaik

Tuchel tetap berpeluang menurunkan skuat terbaik meski kehilangan beberapa pemain pilar. Dengan skema 4-3-2-1, full back Andreas Christensen dan Malang Sarr menjadi pilihan pertama. Sedangkan duo bek tengah menjadi milik bek veteran Thiago Silva dan Antonio Rudiger. Mereka membentengi kiper Edouard Mendy.

Gelandang Jorginho akan menempati posisi sebagai tukang angkut air dengan menjembatani lini belakang dan tengah. Dia akan mengontrol dan mengatur tempo permainan dengan dukungan dari Kante dan Mateo Kovacic.

Sementara Hakim Ziyech dan Mason Mount menempati posisi sebagai gelandang serang. Mereka bahu-membahu menopang Kai Havertz sebagai ujung tombak tunggal. Bila Havertz menjadi pilihan pertama, maka Romelu Lukaku dan Timo Werner kan duduk di bench.

Newcastle sendiri menunjukkan tren yang tidak kalah bagus di kompetisi domestik. Mereka tak terkalahkan selama 5 laga terakhir sehingga posisi tim terus terangkat di klasemen sementara. Kini, The Magpies menduduki peringkat 14 dengan poin 31.

Dalam laga melawan Chelsea, manajer Eddy Howe kehilangan bek andalan Kieran Trippier dan Callum Wilson. Namun bek Fabian Schar kemungkinan tetap tampil meski baru pulih dari cedera pangkal paha. Dengan skema 4-3-3, Schar menjadi pilihan pertama bersama Dan Burn di jantung pertahanan. Sedangkan Javi Manquillo dan Matt Targett menempati posisi sebagai full back.

Di tengah, Jonjo Shelvey berperan sebagai gelandang jangkar. Dirinya menjadi kunci permainan The Toon Army bersama Bruno Guimaraes dan Joelinton.

Sementara, di depan ada striker Chris Wood yang akan menembus pertahanan tuan rumah. Dirinya mendapat dukungan dari
Ryan Fraser di sayap kiri dan Jacob Murphy di kanan.

Chelsea memang mengalami krisis. Namun Tuchel optimistis pemain fokus pada laga melawan Newcastle. Mereka pun tetap menjadi unggulan dengan ngevoor Newcastle 1 1/2. Prediksi bursa memperkirakan Chelsea bisa menang minimal selisih 2 gol. Sebaliknya, bila Chelsea hanya menang satu gol atau imbang, maka mereka yang memegang klub London barat ini bakal kalah.

Prakiraan Susunan Pemain
Chelsea (4-3-2-1):
Mendy; Christensen, Silva, Rudiger, Sarr; Kante, Jorginho, Kovacic; Ziyech, Mount; Havertz

Newcastle United (4-3-3): Dubravka; Manquillo, Schar, Burn, Targett; Guimaraes, Shelvey, Joelinton; Murphy, Wood, Fraser

Bursa
Chelsea vs Newcastle 0:1 1/2 (tips Chelsea)*

Artikulli paraprakReal Madrid Singkirkan PSG di Liga Champions, Ancelotti Puji Benzema dan Modric
Artikulli tjetërAC Milan Kukuh di Puncak, Pelatih Pioli: Juventus Pesaing Juara