Pemain AS Roma merayakan gol Lorenzo Pellegrini di laga melawan Lazio di kompetisi Serie A Italia. (Foto: olenas.id/Football Italia)

OLENAS.ID – AS Roma menjadi penguasa ibu kota setelah memenangi Derby della Capitale. Dalam duel melawan rival satu kota, Lazio, di kompetisi Serie A Italia di Stadion Olimpico, Senin (21/3/2022) dini hari WIB, Roma menang telak 3-0. Performa gemilang Roma menunjukkan tim itu kian solid sejak mengalahkan Atalanta, awal Maret lalu.

Kemenangan 1-0 atas Atalanta, salah satu rival utama Roma, rupanya menjadi sangat berarti bagi tim asuhan Jose Mourinho. Bagaimana tidak, keberhasilan mengalahkan salah satu tim kuat di Liga Italia telah mendongkrak mental dan motivasi pemain. Terbukti, Roma tak terkalahkan di berbagai kompetisi.

Mereka melaju ke perempat final Liga Europa setelah 2 kali tak terkalahkan saat menyingkirkan Vitesse (1-0 dan 1-1). Di kompetisi domestik, Giallorossi bermain imbang 1-1 melawan Udinese dan kemudian menang secara meyakinkan atas Lazio di Roman Derby. Tak hanya itu, mereka sukses membalaskan kekalahan 3-2 pada derby pertama.

Saya tahu dia punya potensi untuk melakukan lebih baik lagi. Ini bukan perkara gol tetapi cara dia mengumpan, melakukan tekanan dan bagaimana dia bertarung habis-habisan

“Penampilan yang gemilang. Kemenangan atas Atalanta menjadikan kami kian solid. Tim sudah tahu bagaimana mengalahkan lawan istimewa seperti mereka [Lazio],” kata Mourinho seperti dikutip Football Italia.

“Di pertandingan itu, kami melakukan persiapan dengan baik dan pemain mampu menerapkannya di lapangan. Lazio sesungguhnya berusaha bangkit di babak ke-2. Mereka bermain dengan penuh kebanggaan. Tetapi mereka tak bisa sepenuhnya mengancam kami. Tentu pemain kami layak menang,” ujar eks pelatih Inter Milan ini.

Gol Cepat Tammy Abraham

Kemenangan Roma memang tidak terlepas dari gol cepat striker Tammy Abraham yang membobol gawang Lazio saat laga baru berjalan satu menit. Mantan penyerang Chelsea ini mencetak brace setelah mencetak gol di menit 22.

Babak pertama belum berakhir, Roma sudah unggul 3 gol saat Lorenzo Pellegrini memantapkan keunggulan tim menit 40. Skor itu bertahan sampai akhir laga.

Striker AS Roma Tammy Abraham (ke-3 dari kiri) saat mencetak gol di laga melawan Lazio di kompetisi Serie A Italia di Stadion Olimpico, Roma, Senin (21/3/2022) dini hari WIB. (Foto: olenas.id/Football Italia)

Mourinho memberi pujian khusus terhadap Abraham yang sesungguhnya bisa makin berkembang. Ini yang menjadikan dia sangat berharap kepada striker berusia 24 yang sudah mengemas 15 gol di kompetisi domestik.

“Saya tahu dia punya potensi untuk melakukan lebih baik lagi. Ini bukan perkara gol tetapi cara dia mengumpan, melakukan tekanan dan bagaimana dia bertarung habis-habisan,” kata Mourinho.

Mantan pelatih Manchester United ini melanjutkan, “Dia juga sangat bagus dalam menahan bola. Hal yang tak diperlihatkannya saat melawan Vitesse. Saya memang berharap banyak kepada Tammu karena saya tahu dia bisa memenuhinya.”

“Ini bukan persoalan gol, tetapi Tammy selalu bermain dengan sikap seperti itu di setiap pertandingan,” ucap dia.

Kemenangan di derby menjadikan Roma menggeser posisi Lazio. Kini, mereka naik ke peringkat 6 dengan poin 51. Sama dengan Atalanta yang mengalahkan Bologna 1-0. Hanya, La Dea unggul selisih gol sehingga kembali bertengger di peringkat 5. Atalanta juga masih menyimpan satu pertandingan.

Sementara, Lazio berada di peringkat 7. Saat ini, mereka mengantungi poin 49.*

Artikulli paraprakKota Yogyakarta Juara Umum Cabor Renang di Popda DIY
Artikulli tjetërTanpa Marko Simic, Persija Jakarta Tertinggal Dulu Sebelum Kalahkan PSM Makassar