Gelandang Franck Kessie meninggalkan AC Milan untuk bergabung dengan Barcelona. (Foto: olenas.id/hardtackle.com)

OLENAS.ID – Gelandang Franck Kessie meninggalkan AC Milan untuk bergabung dengan Barcelona. Perekrutan Kessie menjadi bagian dari rancangan Barca membangun kembali skuat. Berapa gaji dia di klub barunya?

Barca tak perlu merogoh kocek saat memboyong Kessie. Pasalnya, pemain tim nasional Pantai Gading ini sudah berakhir kontraknya musim ini dan berstatus bebas transfer. Ini berarti, Barca mendapatkan Kessie secara gratis.

Raksasa La Liga Spanyol ini memang merencanakan merekrut sejumlah pemain untuk menghadapi kompetisi musim depan. Apalagi, klub sudah bisa menaikkan batasan gaji atau salary cap. Dengan demikian, Barca berpeluang memberikan gaji lumayan tinggi kepada pemain baru.

Sebelumnya, Barca menghadapi problem finansial yang memaksa klub melakukan penghematan dan merestrukturasi utang klub. Bahkan klub harus melepas sang ikon, Lionel Messi, yang kemudian pindah ke Paris Saint-Germain.

Namun setelah mencapai kesepakatan dengan sponsor baru, Spotify, Los Cules sudah bisa merancang membangun skuat dengan merekrut pemain baru. Hanya, presiden klub Joan Laporta meminta kepada pelatih Xavi Hernandez untuk melakukan pembelian secara cerdas.

Xavi tak perlu jor-joran dalam perekrutan tetapi mendapatkan pemain yang tepat bagi tim. Perekrutan striker Pierre Emerick-Aubameyang menjadi contoh bagaimana perekrutan secara smart. Pasalnya, klub cukup meminjam Aubameyang dari Arsenal dan hasilnya tak mengecewakn. Pemain yang dinilai sudah habis di Liga Premier Inggris ini ternyata kembali moncer di La Liga. Bahkan Aubameyang mencetak brace saat Barca menghajar Real Madrid 4-0 di el Clasico di Santiago Bernabeu.

Dan, Kessie menjadi langkah awal bagi Xavi untuk memperbarui pasukannya. Perekrutan dia pun berjalan mulus. Jurnalis Italia Fabrizio Romano membeberkan bila Kessie sudah lolos tes medis dan akan menandatangani kontrak berdurasi 4 tahun. Ini berarti Kessie akan berseragam Blaugrana sampai 2026.

Kessie, Gelandang Terbaik Italia

Lalu berapa gaji Kessie di klub barunya? Performa ciamik pemain berusia 25 ini sudah menjadi jaminan gajinya akan mengalami kenaikan. Barca bakal memberikan gaji 6,5 juta euro dan bonus sehingga total pendapatannya mencapai 7 juta euro atau Rp110 miliar setiap tahun. Gaji itu lebih tinggi 2 juta euro dari yang diterima Kessie di Milan.

Kessie sendiri mulai mengukuhkan sebagai salah satu gelandang terbaik di Serie A Italia sejak bergabung dengan Milan setelah meninggalkan Atalanta pada 2017. Selama bermain 214 bersama Rossoneri, dirinya mencetak 36 gol dan 16 assists.

Milan sesungguhnya ingin mempertahankan Kessie. Hanya, ke-2 belah pihak gagal mencapai kesepakatan sehingga Kessie memilih pindah Spanyol dan memulai petualangan anyar di negeri matador.*

Artikulli paraprakJelang Lawan Persela dan Persija, PSS Sleman Masih Yakin Tidak Degradasi
Artikulli tjetërKalahkan Persela Lamongan, PSS Butuh 1 Poin Bertahan di Liga 1