Direktur Bumdes Amarta, Agus Setyanta saat menyerahkan medali kepada pemenang di Fun Swimming Bumdes Amarta Cup, Minggu (27/3/2022). (Foto: olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – Tirta Amanda Swimming Club (TASC) tampil sebagai juara umum Fun Swimming Bumdes Amarta Cup. Dalam lomba renang yang digelar di Kolam Renang Tirta Amanda Pandawaharja, Sleman, Minggu (27/3/2022), perkumpulan tersebut meraih 34 emas sekaligus unggul jauh dari perkumpulan Arwana.

Perkumpulan Tirta Amanda menunjukkan dominasi di Fun Swimming yang diselenggarakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Amarta, Pandawaharja dengan Forum Klub Renang Sleman (FKRS) dan Pengkab PRSI Sleman yang dimulai sejak Sabtu (26/3/2022) ini. Klub asal Sleman itu meraih 34 emas, 28 perak dan 25 perunggu sekaligus menjadi perkumpulan terbaik.

Sementara, Arwana yang juga berasal dari Sleman, meraih 15 emas sehingga menduduki peringkat 2. Disusul klub Tirta Tamansari (TTS) Bantul yang mendapatkan 13 emas.

Fun Swimming bisa meningkatkan prestasi olahraga, yaitu renang. Tetapi event ini juga mengangkat ekonomi masyarakat desa

Untuk kategori pemain terbaik berdasarkan tahun kelahiran tidak didominasi satu klub. Perenang Muhammad Rafi Tristian Saputra dari Swift Swimming Club Berbah, Sleman, menjadi yang terbaik putra untuk kelahiran 2017. Perenang cilik berusia 5 tahun ini meraih 3 emas.

Aksi perenang cilik di Fun Swimming Bumdes Amarta Cup di Kolam Renang Tirta Amanda, Pandawaharja, Sleman, Minggu (27/3/2022). (Foto: olenas.id/Gonang Susatyo)

Sedangkan perenang Afa Yonan Hamizan menjadi terbaik putra untuk kelahiran 2016. Perenang dari Satria Mataram Aquatic, Sleman, ini mendapatkan 2 emas dan 1 perak. Di bagian putri, perenang Indira Shaquina Azzahra dari Tirta Tamansari Bantul menjadi yang terbaik setelah meraih 3 emas.

Event Lancar dan Sukses

Pelaksanaan Fun Swimming Bumdes Amarta Cup berjalan lancar dan sukses. Kegiatan itu menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat. Penerapan prokes sudah dilakukan saat peserta, termasuk pelatih dan pendamping, harus menjalani pemeriksaan suhu dan menggunakan hand sanitizer. Panitia juga rutin mengingatkan pengunjung untuk tetap menjaga jarak.

Aksi perenang cilik di Fun Swimming Bumdes Amarta Cup di Kolam Renang Tirta Amanda, Pandawaharja, Sleman, Minggu (27/3/2022). (Foto: olenas.id/Gonang Susatyo)

Penerapan prokes juga sudah disampaikan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, saat membuka secara resmi Fun Swimming. Bupati juga menyatakan bila kegiatan renang tersebut menjadikan anak-anak lebih sehat. Tidak hanya itu, ekonomi bisa lebih maju sehingga kehidupan menjadi lebh baik.

Menurut Direktur Bumdes Amarta, Agus Setyanta, kegiatan Fun Swimming merupakan bentuk kolaborasi olahraga dan ekonomi.

Fun Swimming bisa meningkatkan prestasi olahraga, yaitu renang. Tetapi event ini juga mengangkat ekonomi masyarakat desa. Mereka yang menyediakan kuliner di sekitar kolam renang merupakan UMKM dari desa kami,” ujar Agus.

Tirta Amanda Swimming Club menjadi yang terbaik setelah tampil sebagai juara umum di Fun Swimming Bumdes Amarta Cup, Minggu (27/3/2022). (Foto: olenas.id/Gonang Susatyo)

Lebih lanjut, Agus menuturkan bila kolam renang yang berada di bawah pengelolaan Bumdes tidak hanya untuk aktivitas rekreasi renang. Selain untuk latihan renang, pihaknya memfasilitasi perenang difabel untuk berlatih di kolam tersebut.

“Ini merupakan bentuk kerjasama dengan PRSI dengan memfasilitasi warga difabel untuk berlatih. Bahkan kami sangat terbuka bila tempat ini menjadi base camp atlet renang difabel,” kata Agus.*

Artikulli paraprakBupati Sleman Buka Fun Swimming Bumdes Amarta Cup
Artikulli tjetërBila Gagal Gaet Haaland, Barcelona Incar Mohamed Salah atau Lewandowski