Striker Borussia Dortmund Erling Haaland jadi target prioritas Barcelona. (Foto: olenas.id/thesun.co.uk)

OLENAS.ID – Barcelona berharap mendapatkan centre forward yang bisa menjadi andalan seperti Erling Haaland. Hanya tidak mudah bagi Barca untuk menggaetnya. So, Mohamed Salah atau Robert Lewandowski menjadi alternatif saat Barca membangun kembali skuat.

Rancangan penguatan pasukan Barca menghadapi kompetisi anyar sepertinya berjalan mulus. Namun ada problem yang menjadi kerikil dalam pembangunan skuat, Barca belum mendapatkan striker kelas atas. Setelah kepergian Luiz Suarez, Blaugrana memang tak lagi memiliki bomber top.

Pembelian striker Antoine Griezmann pun gagal memenuhi ekspetasi. Buntutnya, Griezmann malah kembali ke Atletico Madrid untuk berduet dengan Suarez yang didepak Barca.

Presiden klub Joan Laporta berharap ada striker top untuk mengisi lini depan. Kedatangan mesin gol andalan setidaknya membantu mendongkrak performa Barca yang memasuki era pasca Lionel Messi. Meski sudah memiliki Ferran Torres, Adama Traore dan Pierre-Emerick Aubameyang, namun Laporta tetap ingin memboyong centre forward.

Haaland Jadi Prioritas Barca

Striker Erling Haaland masih menjadi prioritas Laporta. Haaland memang pemain paling hot alias menjadi buruan klub-klub top. Kebetulan lagi, sang presiden sejak lama sudah ngefans penyerang Borussia Dortmund ini. Haaland pun sesungguhnya sudah sempat masuk daftar pembelian Barca pada pramusim lalu.

Persoalannya, Barca masih menghadapi problem finansial. Lapota memang menekankan ingin mendatangkan Haaland, berapa pun harganya.

Striker Liverpool Mohamed Salah menjadi target Barcelona bila gagal mendatangkan penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland. (Foto: olenas.id/thesun.co.uk)

Hanya bukan perkara gampang bagi Barca yang kondisi keuangannya kurang bagus untuk mencomot penyerang tim nasional Norwegia ini. Bukan karena apa, menurut Marca, harga Haaland mencapai 250 juta euro atau Rp3,9 triliun. Ini berarti hanya klub tajir yang bisa mendapatkan tanda tangan pemain yang masih berusia 21 ini.

Meski berharga mahal, Barca menolak menyerah untuk mendapatkan Haaland. Namun raksasa La Liga Spanyol ini bakal bersaing dengan klub kaya, Manchester City. Selain itu ada Manchester United dan rival berat di La Liga, Real Madrid, yang berambisi membawa Haaland ke Santiago Bernabeu.

Bila akhirnya gagal mendapatkan Haaland, Barca masih berharap menggaet penyerang kelas dunia lain. Striker Mohamed Salah berpeluang menjadi alternatif. Barca ingin memanfaatkan situasi Salah yang belum mendapat perpanjangan kontrak dari Liverpool.

Striker Bayern Munich Robert Lewandowski menjadi target alternatif Barcelona. (Foto: olenas.id/thesun.co.uk)

Ini menjadi pilihan lain Barca bila ingin mendapatkan penyerang world class. Salah jelas striker dengan penyelesaian akhir ciamik dan fisik yang bagus. Kemampuannya menggocek bola pun tak diragukan.

Menariknya, Salah tengah mempertimbangkan untuk meninggalkan Liga Premier Inggris dan bermain di liga lain. Klop sudah. Namun harga striker timnas Mesir ini pun tak murah bila Liverpool ingin melegonya.

Bagaimana dengan Robert Lewandowski? Mesin gol Bayern Munich ini memang menjadi target sejumlah klub top, termasuk Manchester United. Meski usianya tak lagi muda, Lewandowski punya kualitas yang bisa menjadi alternatif pengganti Haaland.

Laporta punya ambisi memboyong striker kelas atas. Hanya saja, apakah klub mampu memenuhi permintaan harga sang pemain. Ini yang menjadikan salah satu dari 3 striker itu masih sulit untuk datang ke Camp Nou.*

Artikulli paraprakRaih 34 Emas, Tirta Amanda Juara Umum Fun Swimming Bumdes Amarta Cup
Artikulli tjetërKandidat Manajer Manchester United, Pelatih Timnas Spanyol Jadi Pesaing Erik Ten Hag