Gelandang Jorginho memutuskan pensiun dari timnas Italia. (Foto: olenas.id/thesun.co.uk)

OLENAS.ID – Para pemain senior Italia mempertimbangkan pensiun dari tim nasional. Gelandang Jorginho berencana meninggalkan Gli Azzurri setelah kegagalan di kualifikasi Piala Dunia 2022. Dia dan yang lain pun sudah tak masuk skuat di laga uji coba melawan Turki di Stadion Konya Buyuksehir, Rabu (30/3/2022) dini hari WIB.

Pelatih Roberto Mancini melakukan perombakan skuat menyusul gagal lolosnya Italia ke putaran final di Qatar. Kegagalan yang sangat pahit karena Italia berstatus juara Euro 2020 setelah menang adu penalti lawan Inggris.

Lebih ironis lagi, timnas kecil Makedonia Utara yang menyingkirkan Italia di play-off. Makedonia Utara yang menduduki ranking 67 FIFA menaklukkan juara dunia 4 kali ini dengan skor 1-0 di injury time.

Kami menatap Piala Eropa, dua tahun lagi dan mempersiapkan tim mengikuti kualifikasi

Kegagalan itu membuat Mancini mengambil langkah krusial dengan memunculkan generasi anyar Italia. Deretan anak muda seperti Sandro Tonali dan striker Gianluca Scamacca pun mendapat kesempatan menjadi starter dalam uji coba. Mereka berpadu dengan para senior, Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci.

Kehadiran pasukan muda yang lebih fresh memaksa Jorginho, Lorenzo Insigne dan Ciro Immobile tersingkir. Alhasil, mereka pun merencanakan pensiun dari La Nazionale.

Jorginho sesungguhnya masih merupakan pilar Chelsea dengan peran yang termasuk vital sebagai gelandang bertahan. Pemain berusia 30 ini pun sangat bagus dalam penguasaan bola dan memiliki kemampuan bagus dalam mengatur tempo permainan. Duetnya dengan Marco Verratti mampu menjadikan lini tengah Italia cukup solid.

Hanya, Mancini menilai Jorginho yang memiliki caps 43 ini kurang cocok bermain dengan skema 4-3-3. Mantan manajer Manchester City ini pun ingin memberi kesempatan lebih banyak kepada Tonali. Gelandang AC Milan ini diproyeksikan bisa pilar lini tengah Italia di Nations League dan kualifikasi Euro 2024.

“Kami menaruh harapan kepada pemain muda potensial. Tim ini, dengan sejumlah tambahan pemain, bisa memenangi Piala Dunia,” kata Mancini seperti dikutip Football Italia.

“Banyak hal yang ingin kami lakukan. Kami akan melakukan banyak perubahan pada laga berikut. Kami menatap Piala Eropa, dua tahun lagi dan mempersiapkan tim mengikuti kualifikasi. Ini tugas kami,” ucap Mancini yang pernah sukses menangani Inter Milan ini.

Zaniolo Gantikan Insigne

Begitu pula Insigne yang tak lagi mendapat panggilan timnas. Mancini memilih Niccolo Zaniolo, bintang muda AS Roma, yang sempat meredup akibat cedera panjang. Zaniolo tak masuk skuat saat Italia menghadapi Makedonia Utara. Dan, Mancini ingin membayar kesalahannya dengan memanggil pemain yang sudah diminati banyak klub itu.

Duo Italia, Lorenzo Insigne (kiri) dan Ciro Immobile (kanan) bakal pensiun dari timnas. (Foto: olenas.id/thesun.co.uk)

Insigne sendiri sudah menunjukkan tanda-tanda meredup. Tak heran bila pemain sayap Napoli yang sudah 54 membela timnas ini bakal meninggalkan Serie A Italia musim depan. Insigne bakal menjajal Liga Amerika Serikat dengan memperkuat Toronto.

Lain halnya dengan Immobile boleh bersinar di Lazio, namun dia gagal berkontribusi maksimal bagi timnas. Pemain berusia 32 ini hanya mengemas 15 gol selama 55 kali membela Italia. Buntutnya, Mancini tak lagi memanggil striker yang memang tak lagi muda.

Bintang muda Sassuolo Giacomo Raspadori bisa menjadi suksesor Immobile. Selain itu ada Gianluca Scamacca yang kemungkinan besar menjadi starter bersama Federico Chiesa. Anak dari eks pemain timnas Italia pada 1996 sampai 2001 yang sekarang bermain di Juventus ini bakal menjadi superstar yang melejit di tahun-tahun mendatang.*

Artikulli paraprakLaga ke-2 Lawan Timnas Korsel U-19, Ini Penjelasan Pelatih Shin Tae-yong
Artikulli tjetërIndonesia Vs Korea Selatan, Kalah Telak Lagi Tapi Shin Tae-yong Beri Tepuk Tangan