Brasil merayakan gol di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Bolivia, Rabu (30/3/2022) pagi WIB. (Foto: olenas.id/Twitter/Brazil_News)

OLENAS.ID – Brasil mempertahankan rekor tak terkalahkan di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022. Kali ini, Brasil menaklukkan Bolivia 4-0 dalam duel di Estadio Hernando Siles, La Paz, Rabu (30/3/2022) pagi WIB.

Brasil sesungguhnya sudah lolos ke putaran final Piala Dunia. Kemenangan atas Bolivia pun kian mengukuhkan posisinya di puncak klasemen CONMEBOL dengan poin 45 dari 17 pertanndingan.

Mereka unggul 6 poin dari Argentina yang menduduki peringkat 2 dan juga sudah lolos dari kualifikasi. Baik Brasil maupun Argentina menjadi 2 tim yang belum pernah kalah di babak kualifikasi.

Tak hanya itu, raihan poin Brasil juga memecahkan rekor Argentina yang pernah mencapai poin tertinggi selama kualifikasi zona Amerika Selatan. Tim Tango pernah mencapai 43 poin di kualifikasi Piala Dunia 2002 di Korea/Jepang. Saat itu, Argentina mengandalkan deretan bintang seperti Ariel Ortega, Claudio Lopez, Hernan Crespo dan Gabriel Batistuta.

Ironisnya, di putaran final Argentina malah tersingkir di babak awal. Sebaliknya, Brasil dengan para bintang Ronaldo, Ronaldinho dan Rivaldo, yang sempat terseok di kualifikasi dan nyaris gagal lolos, malah tampil sebagai juara.

Brasil merayakan gol di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Bolivia, Rabu (30/3/2022) pagi WIB. (Foto: olenas.id/Twitter/Brazil_News)

Sementara, Bolivia berada di papan bawah klasemen. Mereka sudah tak lolos ke Qatar karena menduduki peringkat 9 atau ke-2 dari bawah dengan memiliki 15 poin.

Lucas Paqueta Buka Kemenangan Brasil

Dalam laga tandang, Brasil tetap menunjukkan dominasi atas Bolivia. Mereka membuka kemenangan melalui Lucas Paqueta yang mencetak gol menit 24. Gol berawal dari aksi Bruno Guimares yang tetap bisa mengirim umpan terobosan ke Paqueta meski mendapat kepungan dari pemain lawan. Paqueta pun menyelesaikan umpan dengan sepakan mendatar untuk mengubah skor 1-0.

Brasil baru bisa menambah gol menjelang akhir babak pertama. Striker Richarlison memperbesar keunggulan setelah menerima umpan silang dan menuntaskannya dengan sebuah sontekan. Skor menjadi 2-0 atas babak pertama berakhir.

Di babak ke-2, Brasil tetap bermain dengan tempo tinggi. Alhasil, Selecao menambah gol saat Guimares mencetak gol pada menit 66. Kali ini giliran Paqueta yang memberikan assist yang dituntaskan Guimares.

Brazil melengkapi dominasi dengan gol ke-4 oleh Richarlison pada injury time. Penyerang Everton ini memanfaatkan bola rebound dari kiper Ruben Cordano. Skor 4-0 untuk Brasil bertahan sampai akhir laga.*

Artikulli paraprakIndonesia Vs Korea Selatan, Kalah Telak Lagi Tapi Shin Tae-yong Beri Tepuk Tangan
Artikulli tjetërGareth Southgate: Inggris Bisa Juara di Piala Dunia 2022 Qatar