Inggris jadi salah satu unggulan di Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: olenas.id/thesun.co.uk)

OLENAS.ID – Inggris bakal juara dunia. Manajer Gareth Southgate menyatakan keyakinannya Inggris mampu memenangi Piala Dunia 2022 Qatar. Sebuah angan atau realitas? Hanya, Inggris akan bersaing dengan tim-tim kuat tidak hanya Eropa tetapi juga dari Amerika Selatan seperti Brasil dan Argentina.

Inggris berada di grup apa? Spanyol di grup maut? Tunggu saja hasil undian Piala Dunia 2022 yang mengambil tempat di DECC Venue, Doha, Jumat (1/4/2022), pukul 17.00 waktu setempat.

Sebagai salah satu unggulan, Inggris berada di Pot 1 bersama Brasil, Belgia, juara bertahan Prancis, juara Copa America 2021 Argentina, Spanyol, Portugal dan tuan rumah Qatar.

Harus diakui memang sangat sulit untuk melakukannya. Tetapi tim ini sudah nyaris sempurna. Ini tantangan bagi kami

Ini berarti The Three Lions sudah pasti tidak bertemu tim-tim kuat seperti Prancis, Spanyol maupun Portugal di penyisihan grup. Namun Inggris bisa jadi malah berada satu grup dengan tim unggulan lain yang berada di Pot 2, Jerman dan Belanda.

Tim-tim itu jelas menjadi momok bagi Harry Kane dkk. Namun keberhasilan menaklukkan Jerman di Euro 2020 setidaknya mendongkrak moral dan kepercayaan diri pemain. Saat itu, Inggris menunjukkan performa terbaik untuk mengalahkan rival bebuyutan 2-0 di babak 16 besar.

Southgate tak mempersoalkan apakah Inggris berada satu grup dengan Jerman atau Belanda atau bahkan tidak bersatu dengan salah satu tim itu. Menurut dia sudah saatnya Inggris menjadi kampiun di Qatar.

Manajer Gareth Southgate yakin Inggris bisa juara di Piala Dunia 2022. (Foto: olenas.id/express.co.uk)

Apa alasannya yang membuat Southgate sangat percaya diri? Juara dunia 1966 ini menunjukkan tren sangat bagus dan kian menanjak di turnamen besar. Setelah mencapai semifinal di Piala Dunia 2018. Inggris menjadi runner up di Euro 2020 sebelum kalah adu penalti lawan Italia. Ironisnya, Italia yang menjadi juara Eropa justru tak lolos ke Qatar.

“Saya katakan kepada tim, ‘bila mampu mencapai semifinal, maka kami bakal ke final. Saya yakin bisa melakukannya. Dan, bila mencapai final, kami akan juara’. Ini jelas,” kata Southgate seperti dikutip Sky Sports.

“Harus diakui memang sangat sulit untuk melakukannya. Tetapi tim ini sudah nyaris sempurna. Ini tantangan bagi kami. Tidak hanya saat kami menuju Qatar tetapi jauh sebelumnya, kami dalam kondisi terbaik. Ini yang kami lakukan setiap hari bersama-sama,” ujar eks bek tengah timnas era 2000-an ini.

Southgate Tak Rombak Skuat

Southgate memang tak melakukan banyak perombakan pada skuat sehingga Inggris telah menjadi tim yang matang dan solid. Kane tetap menjadi andalan di lini depan bersama Raheem Sterling. Mesin gol Manchester City ini tengah mencapai performa terbaik.

Di barisan belakang, ada Harry Maguire, Kyle Walker dan John Stone yang kian matang. Sementara, lini tengah tim juga termasuk solid. Kiper Everton Jordan Pickford kian sulit digeser di bawah mistar.

Meski demikian, ada harapan Pickford bergabung dengan klub elite Liga Premier Inggris agar bisa mencicipi kompetisi Eropa. Sebuah ironi karena para kiper big six berasal dari negara lain. Man City lebih percaya kepada kiper Brasil Ederson dan kiper Liverpool juga berasal dari Brasil, Alisson.

Sebaliknya, Arsenal masih percaya kepada kiper lokal, Aaron Ramsdale. Manchester United sendiri menjadikan Dean Henderson sebagai kiper ke-2 yang merupakan pelapis David de Gea (Spanyol).*

Artikulli paraprakBolivia Vs Brasil, Tak terkalahkan dan Menang 4 Gol
Artikulli tjetërKisah ‘Happy Ending’ PSS Sleman di Liga 1