Jerman menjadi pesaing berat Spanyol di penyisihan grup Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: olenas.id/Twitter/FIFAWorldCup)

OLENAS.ID – Spanyol berada di grup maut di Piala Dunia 2022. Bergabung di Grup E, mereka bersaing dengan tim elite Jerman. Namun pelatih Spanyol Luis Enrique menyebut bila timnya merupakan salah satu unggulan di Qatar.

Inggris bisa bernapas lega karena berhasil menghindari pertemuan dengan Jerman yang merupakan rival bebuyutan di penyisihan grup. Dalam undian di Doha Exhibition and Convention Center (DECC) di Doha, Qatar, Jumat (1/4/2022), Inggris berada di Grup B. Sedangkan Jerman berada di grup maut karena bersaing dengan tim kuat, Spanyol.

Jerman dan Belanda memang sudah harus bertemu tim unggulan di babak awal. Pasalnya, mereka berada di pot 2. Prestasi yang tak mengilap menjadikan mereka tak masuk pot unggulan.

Tetapi saya juga mempertimbangkan Jerman bersama pelatih Hansi Flick. Mereka sudah kembali ke posisi yang bagus saat ini

Pencapaian Jerman memang menurun setelah menjadi juara di Piala Dunia 2014. Bahkan di turnamen besar terakhir di Piala Eropa 2020, Die Mannschaft tersingkir di babak 16 besar. Inggris yang memaksa juara dunia 4 kali ini angkat kaki dengan kemenangan 2-0.

Hanya, Jerman tetap menjadi tim yang layak diperhitungkan. Mereka merupakan tim spesialis turnamen dengan kekuatan yang merata di setiap lini. Termasuk duo Chelsea, Timo Werner dan Kai Havertz, kian moncer di Liga Premier Inggris.

“Inggris termasuk tim terbaik dan akan mengambil peran penting [di Piala Dunia]. Tetapi saya juga mempertimbangkan Jerman bersama pelatih Hansi Flick. Mereka sudah kembali ke posisi yang bagus saat ini,” kata Ralf Rangnick, manajer Manchester United asal Jerman saat menanggapi siapa favorit juara di Piala Dunia 2022.

Enrique Tetap Perhitungkan Jerman

Pelatih Spanyol Luis Enrique tak mempermasalahkan bila timnya harus bersaing dengan Jerman di babak penyisihan. Meski tetap memperhitungkan Nationalelf, namun mantan bintang Real Madrid ini optimistis Spanyol yang menjadi salah satu unggulan bisa melaju ke babak berikutnya.

Spanyol tetap optimistis lolos dari penyisihan grup Piala Dunia 2022 Qatar karena berstatus tim unggulan. (Foto: olenas.id/Twitter/Euro2020)

“Ini memang grup berat bila Anda memperhitungkan Jerman. Tetapi kami adalah tim unggulan berdasarkan pencapaian kami selama beberapa tahun terakhir,” ujar Enrique seperti dikutip FIFA.

Di Grup E, Spanyol bersaing dengan Jerman dan tim kuat Asia, Jepang. Sedangkan satu tiket lagi akan menjadi rebutan Kosta Rika dan Selandia Baru yang bertarung di babak play-off.

“Untuk tim-tim lain di grup kami, terus terang, saya sama sekali tidak tahu. Tetapi ini kesempatan bagi kami mempelajari kekuatan mereka sambil tetap meyakini bahwa kami adalah satu tim. Kami tidak akan mengubah karakter bermain kami apakah saat di Piala Dunia maupun laga persahabatan. Gaya bermain kami sudah jelas dan siapa pun akan sulit menghadapi kami,” ucap eks bintang dan pelatih Barcelona ini.

Hasil Undian Piala Dunia 2022
Grup A:
Qatar (tuan rumah), Ekuador, Senegal, Belanda
Grup B: Inggris, Iran, Amerika Serikat, Wales/Skotlandia/Ukraina
Grup C: Argentina, Arab Saudi, Meksiko, Polandia
Grup D: Prancis, Uni Emirat Arab/Australia/Peru, Denmark, Tunisia
Grup E: Spanyol, Kosta Rika/Selandia Baru, Jerman, Jepang
Grup F: Belgia, Kanada, Maroko, Kroasia
Grup G: Brasil, Serbia, Swiss, Kamerun
Grup H: Portugal, Ghana, Uruguay, Korea Selatan*

Artikulli paraprakKisah ‘Happy Ending’ PSS Sleman di Liga 1
Artikulli tjetërManchester United Kian Sulit ke Liga Champions, Ini Jawaban Ralf Rangnick