Pelatih Erik ten Hag (kiri) bakal jadi manajer Manchester United dan bukan Mauricio Pochettino (kanan). (Foto: olenas.id/thesun.co.uk)

OLENAS.ID – Pelatih Erik Ten Hag segera meluncur ke Old Trafford dalam hitungan jam. Bila menjadi manajer Manchester United, Ten Hag sudah membuat daftar pembelian pemain. Yang pertama tak lain Ruben Neves.

Erik The King. Mengingatkan pada julukan sang legenda The Red Devils, Eric Cantona. Dirinya mendapat gelar Eric The King, ‘Eric sang Raja’.

Cantona ‘menduduki’ tahta Man United setelah membawa klub memasuki era kejayaan pada pertengahan 1990-an. Hanya eks bintang tim nasional Prancis ini gagal membawa Man United memenangi Liga Champions.

Kini, tabloid The Sun menyematkan Erik The King kepada Erik ten Hag yang selangkah lagi datang ke Old Trafford. Klub meyakini pelatih Ajax Amsterdam ini mampu merestorasi Man United yang mengalami penurunan prestasi sejak ditinggalkan sang legenda, Sir Alex Ferguson.

Ferguson sendiri pensiun pada 2013. Di tahun itu pula Man United untuk terakhir kali memenangi Liga Premier Inggris. Mereka menjadi juara untuk ke-20 kali sekaligus memegang rekor terbanyak melewati Liverpool.

Setelah era Ferguson, Man United beberapa kali berganti manajer. Termasuk Ole Gunnar Solskjaer yang kemudian lengser dan Ralf Rangnick yang menjadi manajer sementara sampai akhir musim ini.

Ten Hag Ungguli Pochettino

Siapa yang bakal menggantikan posisi Rangnick, tampaknya Ten Hag berada di pole position mengungguli Mauricio Pochettino. Bahkan ESPN mengklaim penetapan Ten Hag hanya menunggu ‘finalisasi’.

Pochettino memang sempat menjadi kandidat karena dirinya sukses di Liga Premier ketika menangani Tottenham Hotspur. Apalagi, pelatih Paris Saint-Germain ini mendapat rekomendasi langsung dari Ferguson.

Selain itu, nama pelatih tim nasional Spanyol Luis Enrique tetap ada di daftar kandidat bersama Julen Lopetegui yang saat ini mengarsiteki Sevilla.

Gelandang Wolverhampton Wanderers Ruben Neves jadi target pembelian Manchester United. (Foto: olenas.id/fourfourtwo.com)

Hanya, internal Man United lebih mendukung Ten Hag sehingga dirinya tetap menjadi pilihan pertama. Rangnick pun merekomendasikan pelatih yang sukses mendongkrak prestasi Ajax di Eredivisie Belanda.

Pelatih berusia 52 ini pula yang memunculkan generasi anyar seperti Matthijs de Ligt, Frenkie de Jong dan Donny van de Beek. Mereka semua sudah bergabung dengan klub-klub elite Eropa, termasuk Van de Beek yang berada di Man United sebelum dipinjamkan ke Everton.

Kabar terakhir, Man United segera menyelesaikan kompensasi kepada Ajax untuk perekrutan Ten Hag. Sang calon manajer pun sudah mengajukan daftar beli pemain. Target utama dia tak lain gelandang Ruben Neves yang menjadi pilar lini tengah Wolverhampton Wanderers.

Pelatih yang membawa Ajax mencapai semifinal Liga Champions 2019 ini sangat menyukai karakter permainan pemain timnas Portugal itu. Menariknya, Solskjaer saat masih di Man United pernah ingin membeli Neves.

Namun Wolves menolak melepas pemain berusia 25 ini. Kini klub melanjutkan operasi pembelian Neves yang harganya tak mahal bagi Man United.*

Artikulli paraprakChelsea Tenggelam, Hat-trick Benzema Bawa Real Madrid Separuh Langkah ke Semifinal
Artikulli tjetërSeto Nurdiyantoro Pulang Kampung ke PSS Sleman, Target?