Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro (tengah) belum pasti mengenai pemain asing PSS. (Foto: olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – PSS Sleman terlambat melakukan perekrutan pemain. Rencana merekrut pemain asing pun belum mendapatkan kepastian meski pelatih PSS Seto Nurdiyantoro sudah memberi gambaran bagaimana legiun asing di skuat untuk menghadapi Liga 1 musim 2022/2023.

PSS belum pasti mempertahankan Aaron Evans (Australia), Juninho dan Wander Luiz (keduanya Brasil), serta gelandang Serbia Mario Maslac. Seto pun belum menyiratkan mereka tetap akan memakai jersey Elang Jawa di musim anyar.

Kontribusi pemain asing bagi PSS memang kurang meyakinkan. Termasuk Wander Luiz yang datang dari Persib Bandung pada pertengahan musim kompetisi.

Saya lebih melihat pada bagaimana karakter permainan seperti yang saya kehendaki

“Perekrutan pemain asing masih belum bisa dipastikan apakah seperti tahun sebelumnya atau tidak. Dengan persiapan yang ada, perekrutan mereka tidak berdasarkan apakah pemain yang baru bermain di Indonesia atau sudah bertahun-tahun berada di sini,” kata Seto di Sleman, akhir pekan lalu.

Ini mengacu saat menangani PSS di musim pertama di Liga 1, yaitu 2018/2019. Saat itu Seto lebih memilih pemain asing yang baru pertama kali bermain di Indonesia. Hasilnya, PSS meraih prestasi tak mengecewakan dengan menduduki peringkat 8.

“Saya lebih melihat pada bagaimana karakter permainan seperti yang saya kehendaki. Tipikal permainannya sesuai harapan saya. Sesungguhnya saya sudah mengincar striker Persik Kediri. Namun rencana itu batal,” ujar eks pemain tim nasional era 2000-an ini.

Seto menuturkan rencana membangun skuat anyar sedikit telat karena tim masih fokus sampai laga terakhir liga di musim sebelumnya. Gara-garanya, posisi PSS yang sangat tidak nyaman karena bisa turun kasta bila gagal meraih poin di laga pamungkas melawan Persija Jakarta. Beruntung, mereka menang 2-0 sehingga tetap bermain di Liga 1.

“Kami sedikit terlambat dalam perekrutan pemain untuk skuat musim baru. Apakah ada pemain lama yang dipertahankan? Saya masih melakukan koordinasi. Yang pasti, pemain yang menjadi bidikan tetap harus sesuai dengan budget,” ucapnya.*

Artikulli paraprakTernyata, Barcelona Sudah Sepakat dengan Robert Lewandowski
Artikulli tjetërChelsea Nyaris Kejutkan Real Madrid, Ancelotti: Senang Bisa ke Semifinal