Pelatih Ajax Amsterdam Erik ten Hag. (Gambar ilustrasi: Erik ten Hag dengan lisensi Wikimedia Commons)

OLENAS.ID – Ajax Amsterdam gagal merenggut Piala Belanda setelah kalah di laga final. Kegagalan pelatih Ajax, Erik ten Hag yang menghalangi rencana Manchester United memboyong dia musim depan. Hanya, Ten Hag masih bungkam soal kepindahannya ke Man United.

Ten Hag sesungguhnya ingin menutup karier di Ajax dengan catatan manis, yaitu meraih double winners. Selain membidik Piala Belanda, Ajax berambisi meraih titel Eredivisie Belanda.

Namun rencana Ten Hag tidak berjalan sesuai harapan. Rival bebuyutan PSV Eindhoven yang menggagalkan ambisi Ajax di final Piala Belanda di Stadion de Kuip, Rotterdam, Minggu (17/4/2022) waktu setempat.

Tim yang seharusnya mengangkat trofi adalah Ajax. Kami sesungguhnya sudah melakukannya dengan baik. Tetapi kami membuat 2 kesalahan

Meski unggul lebih dulu melalui gol Ryan Gravenberch, Ajax akhirnya harus menyerah 2-1. PSV mampu membalikkan keadaan setelah Erick Gutierrez dan Cody Gakpo membobol gawang Maarten Stekelenburg.

Apes bagi Ten Hag karena wasit menganulir 2 gol Ajax di setiap babak. Bila semua gol itu sah, maka Ajax yang tampil sebagai juara.

“Tim yang seharusnya mengangkat trofi adalah Ajax. Kami sesungguhnya sudah melakukannya dengan baik. Tetapi kami membuat 2 kesalahan. Kami seharusnya fokus 100 persen pada pertandingan,” ucap Ten Hag kepada Voetball International.

Ajax tak Terpengaruh

Ten Hag memastikan kegagalan di Piala Belanda tidak berpengaruh pada tim yang tengah berusaha meraih titel liga. Saat ini, Ajax masih bertengger di puncak klasemen dengan poin 72. Unggul 5 poin dari PSV saat kompetisi menyisakan 5 pertandingan lagi.

“Saya tahu karakter tim saya. Jadi kegagalan ini tak berpengaruh pada mereka di kompetisi. Saya menilai tim bermain bagus, terutama di babak pertama, di pertandingan melawan tim yang juga bagus, yaitu PSV. Jadi, saya tak perlu cemas dengan tim ini,” kata dia lagi.

“Kami akan memainkan 5 laga final. Pemain harus memahaminya. Bila sampai melakukan kesalahan, kami bakal dihukum,” ucap Ten Hag yang tetap menolak menanggapi pertanyaan media terkait kepindahannya ke Man United. Klub Liga Premier Inggris sudah mencapai kesepakatan dengan Ten Hag. Sang pelatih juga sudah setuju dengan kontrak dari Man United. Hanya, dia enggan berkomentar soal The Red Devils.

“Saatnya saya mengakhiri konferensi pers,” jawab Ten Hag saat ada pertanyaan soal Man United. “Saya perlu 24 jam untuk melakukan recovery.”*

Artikulli paraprakHat-trick Lawan Norwich, Cristiano Ronaldo Bawa Bonus Rp16 Miliar
Artikulli tjetërPSS Sleman Yakin Sukses dengan Pelatih Lokal