Manchester City sukses memboyong striker Borussia Dortmund Erling Haaland. (Gambar ilustrasi oleh Marco Verch dari Flickr)

OLENAS.ID – Manchester City harus bersaing ketat dengan Real Madrid untuk menggaet striker Erling Haaland. Namun Man City berpeluang menggaet Haaland karena ada klausul menarik yang membuat sang pemain bersedia pindah ke Inggris.

Haaland kemungkinan ke Inggris atau Spanyol. Real Madrid berambisi mendatangkan Haaland untuk menggantikan Karim Benzema yang masih menjadi andalan di lini depan. Sebaliknya, Barcelona harus memupus asa karena tak punya kemampuan membeli pemain tersebut.

Hanya, Madrid harus bersaing dengan Manchester City yang berambisi merekrut striker Borussia Dortmund ini. Raksasa Liga Premier Inggris ini sangat membutuhkan centre forward setelah kepergian Sergio Aguero sehingga berupaya keras mencari penggantinya.

Sebelumnya, The Cityzens membidik striker Harry Kane menggantikan Aguero. Namun Tottenham Hotspur hanya bersedia melepas kapten tim nasional Inggris dengan harga 100 juta poundsterling. Selain itu, Man City lebih memilih memboyong gelandang Jack Grealish yang juga berharga sama dengan Kane.

Gagal menggaet Kane menjadikan manajer Pep Guardiola memainkan false 9 di musim ini. Gelandang Phil Foden atau Raheem Sterling yang kemudian bermain di posisi itu. Performa mereka memang tak mengecewakan saat bermain di depan. Hanya saja, Man City tetap butuh centre forward yang memang bertugas sebagai mesin gol untuk mempertajam lini depan.

Haaland menjadi target Guardiola untuk mengisi posisi itu. Menurut The Sun, Man City sudah sepakat memberikan gaji sebesar 500 ribu poundsterling atau Rp9,3 miliar setiap pekan kepada Halaand. Tawaran yang menggiurkan karena dirinya mendapat bayaran yang besar.

Bila menerima tawaran itu, Haaland menjadi pemain dengan gaji tertinggi di Liga Inggris. Gaji itu melampaui bayaran gelandang Kevin de Bruyne yang masih mendapat 385 ribu poundsterling atau Rp7,2 miliar setiap pekan. Ini menjadikan dia sebagai pemain dengan bayaran paling tinggi di klub

Haaland Ingin ke Madrid

Persoalannya, Haaland tidak hanya berminat dengan gaji tinggi. Penyerang berusia 21 ini berhasrat mengenakan jersey klub elite di dunia, yaitu Madrid. Tak heran bila tawaran dari Los Blancos langsung mendapat sambutan dari Haaland.

Bahkan anak dari Alf-Inge Haaland, eks pemain Man City dan timnas Norwegia ini sudah membeli rumah di Marbella, Spanyol, tahun lalu. Ini menguatkan sinyal bila dirinya bakal bergabung dengan salah satu klub La Liga Spanyol.

Namun Man City sudah menyiapkan skenario demi mendapatkan Haaland. Setelah membela Man City, dirinya bisa pindah ke Madrid.

Ya, pimpinan klasemen Liga Inggris ini mengizinkan Haaland pindah ke Madrid setelah bermain beberapa musim di klub biru langit tersebut. Paling tidak, top scorer Liga Champions 2021 ini bisa memperkuat Man City selama 4-5 tahun sebelum bergabung dengan Los Merengues. Bila skenario berjalan mulus, Haaland akan pindah pada usia emas, yaitu 26 atau 27.

Haaland kemungkinan besar menerima tawaran tersebut. Apalagi, kepindahannya ke Man City mendapat dukungan ayahnya. Alf-Inge lebih memilih Haaland bermain untuk Man City ketimbang rival satu kota, Manchester United.

Selain mampu memberikan gaji tinggi, Man City telah menunjukkan sebagai klub yang tengah berprestasi tinggi. Kontras dengan Man United yang kian melempem. Alf-Inge juga memiliki catatan buruk dengan The Red Devils karena pernah bentrok dengan kapten Roy Keane.*

Artikulli paraprakEverton Vs Leicester, Frank Lampard Yakin Bertahan di Liga Premier
Artikulli tjetërResmi, Erik ten Hag Manajer Anyar Manchester United, Ini Targetnya