Liverpool. (Sumber foto: Piqsels.com)

OLENAS.ID – Liverpool kembali ke puncak klasemen setelah menaklukkan Newcastle United 1-0 di pertandingan Liga Premier Inggris di Stadion St James’ Park, Sabtu (30/4/2022) malam WIB. Ini menjadikan perburuan titel liga kian panas di pengujung kompetisi.

Liverpool kembali melakukan kudeta dengan menggeser Manchester City yang menduduki tahta klasemen. Kemenangan atas Newcastle menjadikan The Reds mengantungi poin 82. Unggul 2 poin dari Man City yang turun ke peringkat 2.

Namun Man City sesungguhnya tak butuh waktu lama untuk merebut kembali posisi tersebut. Syaratnya, mereka harus mengalahkan Leeds United dalam duel di Stadion Elland Road, beberapa jam kemudian.

Bila Man City imbang atau bahkan kalah, maka Liverpool tak tergoyahkan dan membuka peluang memenangkan titel liga. Liverpool pun kian bersemangat memburu quadruple. Sebelumnya, Virgil van Dijk dkk sudah memenangi Piala Liga. Kini, mereka berupaya meraih Piala FA, Liga Premier dan Liga Champions.

Bila mampu meraih target itu, maka Liverpool bakal melampaui pencapaian Manchester United yang meraih treble pada 1999. Saat itu, Man United memenangi Piala FA, Liga Premier dan Liga Champions. Mereka masih menjadi satu-satunya tim Liga Inggris yang mampu menjadi treble winners dalam satu musim.

Liverpool Kuasai Permainan

Di pertandingan itu, Liverpool mampu menguasai permainan. Mereka mengambil inisiatif menyerang dengan mengandakan Diogo Jota yang ditopang Sadio Mane dan Luis Diaz.

Manajer Juergen Klopp menurunkan skuat yang berbeda dengan membangkucadangkan Mohamed Salah, Thiago Alcantara dan Fabinho. Pasalnya, Liverpool akan menghadapi laga krusial melawan Villarreal di semifinal ke-2 Liga Champions.

Meski sudah unggul 2-0, namun Klopp menyatakan perebutan tiket ke final belum berakhir karena Liverpool masih akan melakoni laga ke-2 di kandang Villarreal, Rabu (4/5/2022) dini hari WIB. Mantan pelatih Borussia Dortmund ini pun tetap menyiapkan skuat terbaik saat meladeni The Yellow Submarine demi mengamankan tiket ke final.

Permainan ofensif Liverpool pun memberikan hasil positif. Gelandang Naby Keita membawa Liverpool unggul pada menit 19. Dirinya menuntaskan umpan dari Diogo Jota. Skor 1-0 yang bertahan sampai akhir babak pertama.

Babak ke-2, Liverpool tak menurunkan tempo permainan. Sayangnya, serangan mereka tak membuahkan hasil. Padahal penguasaaan bola tim tamu mencapai 69 persen. Sedangkan ball possession Newcastle hanya 31 persen.

Sampai akhir laga skor tak berubah 1-0. Namun itu sudah cukup bagi The Kop untuk menggeser Man City.*

Artikulli paraprakDerita Kian Berat, Manchester United Bakal Absen di Liga Champions
Artikulli tjetërLiverpool Vs Real Madrid, Ancelotti Gagalkan Final Sesama Tim Inggris