Real Madrid juara Liga Champions usai mengalahkan Liverpool 1-0. (Gambar oleh Carabo Spain dari Pixabay)

OLENAS.ID – Real Madrid kembali bertemu Liverpool di final Liga Champions. Madrid melangkah ke laga puncak setelah secara dramatis mengalahkan Manchester City 3-1 di semifinal ke-2 di Stadion Santiago Bernabeu, Kamis (5/5/2022) dini hari WIB. Menang agregat 6-5, mereka menggagalkan final sesama Inggris 2 kali berturut-turut.

Inggris dan Spanyol mendominasi semifinal Liga Champions. Dari Liga Premier Inggris meloloskan Liverpool yang menyingkirkan Villarreal, wakil dari Spanyol, pada semifinal sebelumnya.

Menariknya, Villarreal nyaris membuat kejutan dengan membalikkan keadaan setelah kalah 2-0 pada semifinal pertama. Mereka sempat unggul 2 gol pada laga ke-2. Namun The Reds justru yang berbalik unggul dan menang 3-2. Liverpool pun melangkah ke final untuk ke-3 kali selama 5 musim terakhir setelah unggul agregat 5-2.

Kami menghadapi tim-tim kuat. Mereka yang menjadi favorit memenangkan Liga Champions. Kami menghadapi PSG, Chelsea dan kemudian Manchester City. Kini, kami bertemu tim favorit yang lain

Madrid menjadi wakil La Liga Spanyol setelah kegagalan Villarreal. Hanya, langkah Los Blancos menuju puncak pun tak mudah. Bahkan sejak babak 16 besar, Madrid sudah harus berjibaku karena bertemu Lionel Messi bersama Paris Saint-Germain. Kalah dulu 1-0 di leg pertama, mereka akhirnya bangkit untuk membalikkan keadaan dengan menang 3-1.

Saat memasuki perempat final, pemegang rekor juara Liga Champions 13 kali ini bertemu juara bertahan Chelsea. Lagi-lagi, Madrid harus bekerja keras meski sempat unggul 3-1 di laga pertama di kandang The Blues. Bagaimana tidak, klub Liga Premier ini tampil menghentak di kandang Madrid dan langsung unggul 3-0.

Bintang muda Brasil, Rodrygo, menyelamatkan Madrid dan memaksakan babak tambahan waktu. Dan, striker Karim Benzema yang kemudian mengantarkan Madrid ke semifinal usai membobol gawang Chelsea di tambahan waktu.

Benzema pula yang menghalangi Man City mencapai final. Penyerang tim nasional Prancis ini mencetak brace yang menjadikan Los Merengues kalah tipis 4-3 dari Man City di semifinal pertama di Etihad.

Pada semifinal ke-2, Benzema yang memupus harapan manajer Pep Guardiola membawa Man City ke final Liga Champions untuk kali pertama. Madrid yang nyaris tumbang tiba-tiba bangkit menjelang akhir pertandingan. Adalah Rodrygo yang memborong 2 gol di menit terakhir dan lagi-lagi Madrid melakoni babak perpanjangan waktu.

Benzema yang tampil sebagai penentu saat mencetak gol dari titik penalti di menit 95. Gara-garanya bek The Cityzens Ruben Dias menjatuhkan dia di kotak terlarang sehingga wasit menunjuk titik putih. Benzema sukses mengecoh kiper Ederson dan membawa Madrid ke final.

Real Madrid Bukan Tim Favorit

Pelatih Carlo Ancelotti mengakui Madrid sesungguhnya tak menjadi favorit dalam perjalanan babak knock-out di kompetisi Eropa musim. Bahkan saat mencapai final, eks manajer Everton menilai Liverpool tetap menjadi unggulan.

“Saya perkirakan siapa pun tak yakin bila Real Madrid bisa mencapai final. Tetapi kami akhirnya yang berada di sana [final],” kata Ancelotti seperti dilansir Managing Madrid.

“Kami menghadapi tim-tim kuat. Mereka yang menjadi favorit memenangkan Liga Champions. Kami menghadapi PSG, Chelsea dan kemudian Manchester City. Kini, kami bertemu tim favorit yang lain,” ujar eks pemain dan pelatih AC Milan ini.

Sukses gemilang Madrid karena menyingkirkan tim-tim kuat. Madrid pula yang menggagalkan terciptanya all English Final.

“Segala sesuatu itu mungkin saat Anda menyebut Real Madrid,” kata kiper Thibaut Courtois kepada Movistar Plus.

“Ini sungguh luar biasa. Kami menyingkirkan klub-klub besar yang menghabiskan banyak uang untuk membangun tim. Tetapi kami punya sejarah. Dan bila ke final, Real Madrid yang bakal memenangi,” ujar kiper timnas Belgia ini.

Madrid menghadapi Liverpool di Paris, 28 Mei 2022. Ini merupakan ulangan final 2019 di Kyiv. Saat itu, Madrid menang 3-1.*

Artikulli paraprakNewcastle United Vs Liverpool, Menang dan Kembali ke Puncak
Artikulli tjetërTinggalkan Man Utd, Paul Pogba Menyeberang ke Manchester City