Pemain Manchester United Paul Pogba. (Sumber foto: Wikimedia Commons)

OLENAS.ID – Gelandang Paul Pogba segera meninggalkan Manchester United. Dirinya hendak menyeberang untuk bergabung dengan Manchester City, rival satu kota Man Utd.

Apes memang Man Utd yang bakal kehilangan gelandang andalan. Bahkan pemegang rekor juara Liga Premier Inggris ini bakal gigit jari karena tidak mendapatkan sepeser pun dari kepindahan Pogba ke Man City.

Ya, kontrak Pogba di Man Utd berakhir tahun depan. Klub sesungguhnya sudah menawarkan perpanjangan kontrak kepada pemain tim nasional Prancis ini pada tahun lalu. Namun tawaran tersebut mendapat penolakan dari Pogba. Man Utd pun tak melakukan negosiasi ulang dan seolah membiarkan eks bintang Juventus ini meninggalkan Old Trafford dengan status bebas transfer.

Mengapa Pogba ingin menyeberang? Dirinya menunjukkan ketertarikan bekerja bersama Pep Guardiola, manajer Man City. Kebetulan lagi, The Cityzens membutuhkan gelandang bertahan menyusul berakhirnya masa kontrak Fernandinho. Pemain berusia 37 ini sudah membela Man City selama 9 musim dan ingin kembali ke Brasil.

Guardiola menilai Pogba merupakan sosok yang ideal menggantikan Fernandinho. Apalagi, dirinya memang lebih ingin bermain lebih ke dalam di lini tengah. Berbeda di Man Utd, Pogba lebih sering menempati posisi sebagai gelandang serang.

Selain itu, Man City jelas lebih berprestasi ketimbang Man Utd yang harus puasa trofi sejak kepergian manajer legendaris, Sir Alex Ferguson. Sejak Man Utd merekrutnya kembali dari Juve dengan harga 89 juta poundsterling yang menjadikannya sebagai pemain termahal di dunia pada 2016, Pogba hanya memenangi Piala Liga dan Liga Europa.

Pogba Siap Potong Gaji

Saking ngebet menyeberang, menurut The Irish Times, pemain berusia 29 ini tak keberatan bila gajinya mengalami pemotongan. Saat ini, Pogba menerima gaji 290 ribu poundsterling setiap pekan. Ini menjadikan dia sebagai salah satu pemain dengan gaji tertinggi di Man Utd.

Hanya, Pogba harus menunggu sampai tahun depan saat sudah berstatus lepas transfer dari Man Utd. Dengan demikian, Man City bakal mendapatkan Pogba secara gratis. Bila Pogba bersedia pindah dan menerima gaji lebih rendah, Man City akan memberikan kontrak berdurasi 4 tahun dengan tambahan satu tahun.

Bila bergabung dengan klub rival, ini menjadi kepindahan kontroversial berikutnya dari 2 klub Manchester setelah Carlos Tevez. Penyerang Argentina ini sukses mengantarkan Man Utd meraih banyak trofi, termasuk Liga Champions 2008. Namun tahun berikutnya, Tevez secara mengejutkan pindah ke Man City karena tak mendapat kontrak permanen.*

Artikulli paraprakLiverpool Vs Real Madrid, Ancelotti Gagalkan Final Sesama Tim Inggris
Artikulli tjetërMan City Vs Newcastle, Pep Guardiola: Semua Dukung Liverpool