Manchester City sukses memboyong striker Borussia Dortmund Erling Haaland. (Gambar ilustrasi oleh Marco Verch dari Flickr)

OLENAS.ID – Manchester City sukses mendatangkan striker Erling Haaland. Namun Man City baru mengumumkan kepindahan Haaland pekan depan.

Man City sukses menggaet mesin gol andalan yang menjadikan lini depan tim bakal kian menggila. Ya, menurut The Athletic, juara Liga Premier Inggris ini telah memenangkan pertarungan memperebutkan Haaland.

Penyerang berusia 21 ini meninggalkan Borussia Dortmund untuk bergabung dengan Man City musim depan. Kepindahan Haaland ke Inggris memang tinggal menunggu waktu. Pasalnya, Man City memang sudah mencapai kesepakatan personal dengan eks pemain depan RB Salzburg ini sejak bulan lalu.

Saat melakukan negosiasi, Man City sukses ‘merayu’ Haaland untuk menunda kepindahannya ke Real Madrid. Ini bukan perkara gampang karena striker timnas Norwegia ini memang ingin bermain untuk Los Blancos. Menurut informasi, Haaland pun sudah membeli rumah di Spanyol.

Namun, Man City telah menyiapkan skenario bagi Haaland. Klub menjanjikan sang pemain bisa pindah ke Spanyol setelah beberapa tahun bermain bersama The Cityzens. Klausul yang menarik.

Tak hanya itu, Haaland mendapat iming-iming gaji tertinggi bila memilih Man City. Tidak tanggung-tanggung, dirinya menerima gaji 500 ribu poundsterling atau Rp9,3 miliar setiap pekan. Gaji tersebut lebih tinggi dari Kevin de Bruyne, pemain dengan bayaran paling tinggi di Etihad.

Tawaran mengiurkan yang membuat Haaland langsung menyambarnya. Apalagi, dia bergabung dengan salah satu klub besar Liga Premier. Usai sepakat dengan Haaland, Man City pun mengaktifkan rilis klausul sang pemain sebesar 64 juta poundsterling atau Rp 1,1 triliun.

Menurut Sky Sports, nilai rilis klausul Haaland sesungguhnya tidak mahal sehingga klub sekaya Man City pun sanggup melunasinya. Bahkan klub biru langit itu bakal membayar kontan harga klausul ini. Padahal biasanya klub melakukan pembayaran transfer pemain secara bertahap atau sistem mengangsur dengan beberapa instalmen.

Meski sudah mendapatkan Haaland, namun Man City belum bisa mengumumkannya secara resmi. Menurut rencana, klub baru bisa melakukannya pekan depan, terutama setelah Dortmund secara resmi melepas pemainnya.

Menggantikan Sergio Aguero

Perekrutan Haaland memenuhi kebutuhan centre forward yang kosong sejak kepergian Sergio Aguero pada 2021. Tidak adanya Aguero memaksa manajer Pep Guardiola memainkan Raheem Sterling atau Gabriel Jesus sebagai ‘false 9’.

Hasilnya memang tak mengecewakan karena Sterling menunjukkan ketajamannya. Man City kembali nangkring di papan atas klasemen dan berpeluang mempertahankan titel liga. Hanya, mereka gagal di Liga Champions, Piala FA dan Piala Liga.

Meski demikian, Guardiola tetap memerlukan penyerang yang bisa menjadi mesin gol andalan. Haaland menjadi target Man City dan mereka harus bersaing dengan Madrid, Barcelona, maupun rival satu kota, Manchester United.

Haaland memang bakal menjadi der bomber maut Man City. Ketajamannya di Bundesliga Jerman sudah mendapat pengakuan melalui gol-golnya. Sejak Dortmund memboyong dia dari Salzburg pada Januari 2020, Haaland telah mengemas 85 gol dari selama pertandingan.

Kepindahan Haaland ke Man City pun mengikuti jejak ayahnya, Alf-Inge Haaland yang membela klub tersebut pada 2000-2003. Selama 3 tahun di Man City, sang ayah bermain 38 kali. Sayangnya, dia gagal membawa klub meraih prestasi dan hanya menjadi bayang-bayang Man United.*

Artikulli paraprakMan City Vs Newcastle, Pep Guardiola: Semua Dukung Liverpool
Artikulli tjetërAston Villa Vs Liverpool, Klopp: Buang Energi Saja Tunggu Man City Terpeleset