Pemain sayap anyar PSS Sleman Todd Ferre. (Foto: Dok PSS Sleman)

OLENAS.ID – PSS Sleman memboyong pemain bermasalah. Pemain anyar Todd Rivaldo Albert Ferre mendapat hukuman larangan bermain selama 12 bulan oleh Komite Disiplin (Komdis) PSSI. Ini penjelasan PSS soal kasus Todd Ferre.

Todd Ferre meninggalkan Persipura Jayapura yang turun kasta ke Liga 2 dan memulai petualangan di luar Papua saat bergabung dengan PSS. Dirinya pun kembali bermain di Liga 1 yang akan bergulir pada Juli 2022.

Kedatangan Todd Ferre ke Sleman memang menjadikan lini depan PSS bakal lebih tajam. Apalagi, dia merupakan winger potensial. Hanya PSS sesungguhnya merekrut pemain bermasalah. Ya, Todd Ferre mendapat sanksi berat karena bertindak buruk kepada wasit di pertandingan Persipura melawan Bali United pada 5 November 2021.

Komite Banding menerima permohonan banding tim Persipura dan mengubah keputusan Komdis sebelumnya yang menjatuhkan hukuman kepada Todd

Ini bermula dengan protes Todd Ferre atas gol Bali United di menit 90+7. Menariknya gol itu tercipta saat wasit memberi tambahan waktu hanya 4 menit. Dia tidak hanya protes keras tetapi juga mengeluarkan kata-kata yang tidak patut dan memukul wasit.

Atas kelakuan tak sportif, Todd Ferre mendapat sanksi larangan bermain dan denda Rp50 juta. Persipura kemudian mengajukan banding atas hukuman itu. Hasilnya, eks pemain tim nasional U-19 ini mendapat pengurangan hukuman dari Komite Banding.

Pengurangan hukuman itu yang mengamankan posisi Todd Ferre saat berpindah klub. Manajer PSS Dewanto Rahadmoyo pun memastikan tidak ada masalah dengan perekrutan pemain yang bermasalah itu. Menurut dia Todd Ferre sudah menyelesaikan masa hukuman sebelum kompetisi bergulir.

“Komite Banding menerima permohonan banding tim Persipura dan mengubah keputusan Komdis sebelumnya yang menjatuhkan hukuman kepada Todd,” ujar Dewanto di Sleman, Kamis, (12/5/2022).

“Berdasarkan keputusan Komite Banding, hukuman Todd Ferre mendapat pengurangan menjadi 6 bulan larangan bertanding dan denda Rp50 juta. Surat berlaku efektif sejak tanggal 26 November 2021. Ini berarti masa hukuman Todd berakhir pada 26 Mei 2022,” kata dia.

Dengan demikian, Todd Ferre sudah bisa langsung memperkuat PSS di kompetisi. Hanya, PSS berharap dia tidak mengulangi kesalahan tersebut. Apalagi, klub meyakini sang pemain bakal kembali bersinar dan membawa PSS ke papan atas.

“Kami berharap agar Todd tidak mengulangi kesalahannya yang merugikan dirinya sendiri. Dia pasti bisa membuktikan masih layak membela timnas dan membawa PSS ke papan atas,” ujar Dewa.

Artikulli paraprakRaih Coppa Italia, Inter Milan Buru ‘Double Winners’
Artikulli tjetërShin Tae-yong Dapat Ucapan Ultah Dari Suporter Usai Indonesia Kalahkan Filipina