AFC Grassroots Football Day 2022. di Lapangan Kenari, Yogyakarta. (Dok: Mataram Utama Academy)

OLENAS.ID – Mataram Football Academy berkolaborasi dengan Asprov PSSI DIY menyelenggarakan coaching clinic atau klinik pelatihan bersama 100 anak usia 11-12 tahun dan 20 pelatih dari Sekolah Sepak bola (SSB) di Kota Yogyakarta, Minggu (15/5/2022). Ini merupakan kegiatan dari AFC Grassroots Football Day 2022.

Asprov PSSI DIY berpartisipasi dalam AFC Grassroots Football Day dengan memberikan pelatihan kepada anak-anak dan workshop bagi pelatih SSB.

Kegiatan itu menghadirkan Aldi Iqbal Tawakal sebagai PSSI Grassroots Manager dan Bery Sidiq, Instruktur Grassroots PSSI di Lapangan Kenari. Sebelumnya, Sabtu (14/5/2022), mereka mengadakan workshop bersama 20 pelatih yang turut berlatih bersama dengan para peserta.

Kami menjadi salah satu penyelenggara untuk kegiatan yang pelaksanaannya serempak di semua negara anggota AFC

Ketua Asprov PSSI DIY, Ahmad Syauqi Soeratno mengatakan Grassroots Football Day untuk kali pertama diadakan di DIY selama ini. AFC sendiri yang meminta Asprov menyelenggarakan kegiatan dengan Mataram Football Academy sebagai tuan rumah.

“Kegiatan itu mengusung tema Sepakbola Telah Kembali (Football is Back). Grassroot Indonesia pun turut berpartisipasi,” kata Syauqi.

“Ini kehormatan untuk Asprov PSSI DIY sebagai penyelenggara, satu-satunya di Indonesia. Kami menjadi salah satu penyelenggara untuk kegiatan yang pelaksanaannya serempak di semua negara anggota AFC,” ucap dia lebih lanjut.

Menurut dia tidak kurang 100 peserta dari SSB di Kota Yogyakarta yang mengikuti AFC Grassroots Football Day. Ada pembatasan jumlah peserta karena situasi yang masih pandemi dan sesuai arahan dari PSSI.

Sementara, Herwin Sjahruddin Sunjoto, Ketua Penyelenggara, menuturkan ada 9 SB yang turut ambil bagian dalam Grassroots Football Day. Mereka yang mengikutinya yakni SSB Gama, MAS, Hizbul Wathan, Browidjoyo, Sinar Mataram, IM Naturindo, Garuda Muda, Mataram Football Academy dan SSB RMF UNY. Setiap SSB mengirimkan 10 pemain dengan tahun kelahiran 2010/2011 dan 2 orang pelatih.

“Para peserta mendapat E-Sertifikat AFC. Kami berharap, para pemain dan pelatih bisa memanfaatkan momentum ini dengan sebaik mungkin,” ujar Herwin yang juga anggota Komite Usia Muda Asprov PSSI DIY.

“Kami berterima kasih atas partisipasi dari seluruh pihak termasuk sponsor yang mendukung dalam penyelenggaraan perdana AFC Grassroots Football Day di DIY,” ujarnya.*

Artikulli paraprakMenangi Piala FA, Liverpool Butuh Keajaiban di Liga demi Quadruple
Artikulli tjetërKylian Mbappe Resmi Gabung, Real Madrid Umumkan Usai Final Liga Champions