Kiper Persija Jakarta Andritany Ardhiyasa. (Foto: Persija.id)

OLENAS.ID – Pelatih anyar Persija Jakarta Thomas Doll segera merapat ke Jakarta. Dirinya tiba di ibukota pada Senin (23/5/2022) dan langsung memimpin latihan tim.

Kegagalan di musim lalu dengan menduduki peringkat 8 di Liga 1 menjadikan Persija Jakarta melakukan pembenahan. Tidak hanya perombakan skuat, tetapi Persija juga memboyong pelatih Thomas Doll dengan pertimbangan dirinya mampu mengangkat kembali tim yang gagal berprestasi di kompetisi.

Doll sendiri merupakan salah satu dari sedikit pemain eks Jerman Timur yang bisa masuk tim nasional Jerman saat 2 negara yang berpisah karena tembok Berlin ini bersatu kembali. Dirinya juga sukses bermain di klub Jerman Barat seperti Hamburg SV dan Eintracht Frankfurt yang baru saja memenangi Liga Europa.

Saya akan menekankan kerja sama tim. Mereka harus bersedia membantu satu sama lain untuk berjuang

Saat pensiun sebagai pemain, Doll melatih eks klubnya, Hamburg SV dan sempat menangani APOEL sebelum datang ke Indonesia untuk melatih Persija. Menurut rencana, pelatih berusia 56 ini akan datang ke Jakarta pada Minggu (22/5/2022). Hanya berselang sehari, eks pelatih Borussia Dortmund ini langsung memimpin latihan Macan Kemayoran.

Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll. (Foto: Persija.id)

“Saya sangat senang bisa segera bekerja. Apalagi, kami memang butuh persiapan panjang,” kata Doll mengutip dari laman klub.

Doll menuturkan dirinya sudah memiliki rancangan bagaimana menciptakan atmosfer latihan dalam tim. Pasalnya, pelatih yang membawa Jerman menjadi runner up Piala Eropa 1992 ini ingin membangun tim pemenang. Dia ingin seluruh elemen tim bahu-membahu menjadikan Andritany Ardhiyasa dkk sebagai the winning team.

“Saya akan menekankan kerja sama tim. Mereka harus bersedia membantu satu sama lain untuk berjuang. Saya pribadi selalu mendorong diri saya untuk memotivasi semua bahwa setiap sesi latihan semangatnya harus seperti saat pertandingan,” ujar dia.

Persija tidak hanya mendatangkan Doll untuk membangun kembali tim yang kuat di liga. Klub juga merekrut sejumlah pemain seperti Firza Andika, Hanif Sjahbandi, Hansamu Yama, Barnabas Sobor dan Ricky Cawor.*

Artikulli paraprakJuara Europa League, Eintracht Frankfurt Pupus Dongeng Indah Nyong Ambon
Artikulli tjetërJuara Liga Premier, Manchester City Gagalkan Quadruple Liverpool