Persija Jakarta juara Piala Menpora 2021 usai mengalahkan Persib Bandung 2-1. (Foto: olenas.id/ligaindonesiabaru.com)

OLENAS.ID – Turnamen pra musimLIga 1 dan Liga 2 akan digelar oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai pemanasan menjelang bergulirnya Liga I 2022/2023. Direncanakan turnamen yang belum ditentukan namanya itu berlangsung pertengahan Juni 2022, diikuti oleh seluruh tim peserta Liga 1.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengaku masih ada banyak hal yang harus dimatangkan terkait turnamen tersebut.

“Sudah ada beberapa hal yang disepakati dan ada yang belum. Kami akan terus mematangkan hal ini,” tegas pria yang akrab siapa Iwan Bule itu di Jakarta, Selasa (24/05/2022).

Turnamen pramusim kali ini rencananya akan digelar di empat kota di Indonesia dengan kehadiran penonton. Namun, PSSI dan PT LIB belum memutuskan stadion mana yang akan menjadi venue.

Meski begitu Mochamad Iriawan belum bisa memastikan berapa persen dari kapasitas stadion yang bisa diisi penonton.

“Kami akan koordinasi dengan pemerintah. Dalam hal ini Kemenpora, Kemenkes, BNPB, Satgas Covid-19, dan Kepolisian soal berapa persen penonton yang boleh masuk stadion. Kami akan ikut apa yang diputuskan oleh pemerintah,” ucap Iriawan.

Kehadiran penonton di turnamen pramusim ini menjadi angin segar kembalinya suporter ke stadion. Dengan begitu, kompetisi BRI Liga 1 nantinya bisa kembali digelar dengan kehadiran suporter.

Selain adanya penonton, PSSI dan PT LIB juga akan menggunakan wasit tambahn. Terobosan ini diharapkan membantu kinerja wasit dalam mengambil keputusan.

“Tujuannya agar kompetisi berjalan seru, adil, fairplay, dan enak ditonton, PSSI dan PT LIB tetap akan memakai asisten wasit tambahan di belakang gawang,” ucap Iriawan. ***

Artikulli paraprakAC Milan Lebih Layak Juara Liga Ketimbang Inter Milan, Ini Alasannya
Artikulli tjetërLiverpool Vs Real Madrid, Rileks tetapi Siap Jelang Final Liga Champions