PSS Sleman bersaing dengan Persis Solo di turnamen pramusim 2022. PSS saat latihan. (Dok: PSS Sleman)

OLENAS.ID – PSS Sleman bersaing dengan tim promosi Persis Solo di turnamen pramusim 2022. Sementara, Persebaya Surabaya berada di grup maut karena bertemu dengan juara Liga 1 Bali United FC dan tim kuat Persib Bandung.

Turnamen pramusim 2022 menjadi ajang pemanasan klub-klub Liga 1 sebelum mengarungi kompetisi. Pelaksanaan undian babak penyisihan grup di Kota Bandung, Minggu (29/5/2022) sore WIB. Sedangkan pergelaran turnamen pada 11 Juni 2022 hingga 17 Juli 2022.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), sebagai operator liga, telah menunjuk 4 kota yang menjadi tuan rumah penyisihan grup, yaitu Solo, Samarinda, Bandung dan Malang. Turnamen ini diikuti 18 klub Liga 1 yang sekaligus menjadi ajang persiapan menyongsong kompetisi musim 2022/2023.

Grup cukup berat untuk PSS karena kami masih banyak kekurangan dalam komposisi pemain

Dengan jumlah 18 klub, masing-masing grup berisikan 5 dan 4 tim. Solo menjadi tuan rumah Grup A, Samarinda sebagai tuan rumah Grup B, Bandung untuk Grup C, dan Malang menjadi tuan rumah Grup D.

“Babak penyisihan grup memainkan 32 pertandingan dari 11 Juni hingga 28 Juni 2022. Pada babak ini dalam satu hari akan ada 2 pertandingan,” kata perwakilan OC, Sudjarno.

Dalam turnamen itu, 2 tim peringkat teratas dari masing-masing grup akan lolos ke perempat final. Tim-tim yang lolos bertanding pada 1 dan 2 Juli 2022 memakai format single match.

Berbeda dengan babak perempat final, babak semi final memakai format home-away yang akan bertanding pada 6 dan 10 Juli 2022. Begitu pun babak final menggunakan format home-away dengan penyelenggaraan pada 14 dan 17 Juli 2022.

PSS Bertemu Persis dan PSIS

Dari hasil undian, PSS Sleman masuk di Grup A bersama tuan rumah Persis Solo dan rival dari Jawa Tengah, PSIS Semarang. Mereka juga bersaing dengan tim promosi Martapura Dewa United serta Persita Tangerang.

“Menurut saya semua tim mempunyai peluang yang sama di turnamen ini. Grup ini cukup berat untuk PSS karena kami masih banyak kekurangan dalam komposisi pemain,” ujar pelatih kepala PSS, Seto Nurdiyantoro menanggapi hasil undian turnamen pramusim.

Sementara, Persebaya berada di grup maut karena bersaing dengan Persib Bandung di Grup C. Selain itu ada juara liga Bali United FC dan Bhayangkara FC.

“Tak ada masalah berada di grup itu. Ini grup paling ketat karena tim-tim menduduki peringkat pertama sampai 5 di kompetisi musim lalu,” kata Aji Santoso, pelatih Persebaya.

Berikut hasil undian babak penyisihan grup turnamen pramusim 2022:

Grup A (Solo): Persis Solo, PSIS Semarang, Martapura Dewa United, Persita Tangerang, PSS Sleman
Grup B (Samarinda): Borneo FC, PS Barito Putera, Persija Jakarta, RANS Cilegon FC, Madura United FC
Grup C (Bandung): Persib Bandung, Bhayangkara FC, Bali United FC, Persebaya Surabaya
Grup D (Malang): Arema FC, Persikabo 1973, PSM Makassar, Persik Kediri*

Artikulli paraprakJuara Liga Champions, Real Madrid dan Carlo Ancelotti Torehkan Rekor
Artikulli tjetërSadio Mane Hengkang ke Bayern Munich, Lewandowski Kabur