Bintang Argentina Lionel Messi. (Gambar ilustrasi dengan lisensi Creative Commons 2.0)

OLENAS.ID – Bintang Argentina Lionel Messi mengantarkan tim nasional meraih kemenangan besar 5-0 atas Estonia di laga uji coba di Stadion El Sadar, Osasuna, Spanyol, Senin (6/6/2022) dini hari WIB. Messi memborong semua gol Argentina sekaligus menyamai rekor yang berusia 80 tahun.

Messi kembali mencetak rekor saat melakoni laga ke-126 bersama tim nasional Argentina. Dirinya tidak hanya mengantarkan Albiceleste meraih kemenangan besar. Namun bintang Paris Saint-Germain ini juga 5 kali membobol gawang Estonia.

Pertandingan itu seperti berjalan satu arah karena Argentina begitu mendominasi lawannya yang memiliki ranking FIFA 110. Penguasaan bola mereka mencapai 79 persen dan para pemain membuat 918 umpan. Sedangkan lawannya hanya 240 kali mengumpan.

Leo melakukan hal yang luar biasa. Bila sudah berada di depan gawang, dia tak akan memberi ampun

Argentina melepaskan 24 tendangan ke gawang dan 10 di antaranya mencapai target. Messi sendiri membuka kemenangan saat laga baru berjalan 8 menit dari titik penalti. Selanjutnya, dia menambah gol di akhir babak pertama dan mencetak hat-trick pada menit 47.

Tidak berhenti di situ, eks bintang Barcelona ini kembali membuat 2 gol dalam tempo 5 menit. Gol ke-4 Messi di menit 71 dan kemudian dia melengkapi menjadi penta-trick pada menit 76.

Messi yang telah mengemas 86 gol di pertandingan internasional menyamai rekor 80 tahun lalu. Saat itu legenda Argentina Jose Manuel “Charro” Moreno mencetak 5 gol pada 1942 saat membantai Ekuador 12-0 di Copa America. Tahun sebelumnya,
Juan Marvezzi melakukannya saat menghadapi lawan sama di Copa America 1941. Sedangkan Manuel Seoane menjadi pemain pertama di timnas Argentina yang membuat penta-trick pada 1925.

Hanya ini bukan kali pertama Messi membuat 5 gol di satu pertandingan. Pemain berusia 34 ini pernah melakukannya saat membawa Barca menang besar 7-1 atas Bayer Leverkusen di babak 16 besar Liga Champions 2012.

Argentina Tak Pernah Kalah

Kemenangan atas Estonia menjadikan Argentina meraih sukses dalam tur Eropa. Mereka mencatat rekor tak pernah kalah selama 33 pertandingan terakhir. Sebelumnya, timnas yang pernah menjadi juara di Piala Dunia 1978 dan 1986 ini mengalahkan Italia 3-0 di ajang Finalissima Trophy.

Ini merupakan gelaran pertama dari duel juara Copa America melawan juara Piala Eropa. Di laga di Stadion Wembley, Inggris, Messi memang tidak mencetak gol, tetapi dia membuat 2 assists.

Performa gemilang Messi pun menjadikan legenda Inggris, Gary Lineker, memberikan pujian. Menurut dia Messi tidak hanya penyelesai akhir yang andal tetapi juga pengumpan yang bagus dan jago menggocek bola.

“Lionel Messi yang luar biasa setelah mencetak semua 5 gol Argentina di pertandingan. Jelas, tidak hanya gol yang menjadikan dia unggul dibandingkan pemain besar lainnya. Dia juga pengumpan yang bagus dan hebat dalam menggocek bola. The Messiah,” demikian tulis eks striker Inggris di Twitter.

Sementara, pelatih Argentina Lionel Scaloni mengaku sulit mengungkapkan dengan kata-kata untuk melukiskan permainan mengesankan Messi. Menurut dia Messi telah melakukan hal yang luar biasa.

“Leo melakukan hal yang luar biasa. Bila sudah berada di depan gawang, dia tak akan memberi ampun,” kata Scaloni kepada Fox Sports.

“Saya tidak tahu lagi mau berkata apa tentang Messi. Sulit untuk melukiskannya. Saya tak punya kata-kata lagi untuk menggambarkan tentang dia. Apa yang dilakukan dia sungguh istimewa. Sangat menyenangkan ada dia di tim ini. Hanya ada kata-kata untuk dia, yaitu terima kasih. Sungguh menyenangkan menyaksikan penampilannya,” ujar dia lagi.*

Artikulli paraprakItalia Vs Jerman, Mancini Revolusi Gli Azzurri
Artikulli tjetërButa Kekuatan Rans Nusantara FC, Pelatih Arema FC Tak Khawatir