Pelatih timnas Shin Tae-yong. (Sumber foto: Wikimedia Commons)

OLENAS.ID – Indonesia mengawali pertarungan di kualifikasi Piala Asia 2023 dengan hasil memuaskan. Mereka sukses menaklukkan Kuwait 2-1 dalam duel Grup A di Stadion Internasional Jaber Al Ahmad, Kuwait, Rabu (8/6/2022). Kemenangan itu malah membuat pelatih tim nasional Shin Tae-yong kaget.

Indonesia memang tak menjadi unggulan saat bertemu tuan rumah. Pasalnya, pemain timnas menghadapi cuaca yang panas. Ini memang menyulitkan Marc Klok dkk karena bermain dengan suhu 40 derajat celsius. Bahkan di dalam stadion, menurut Shin, terasa lebih panas.

Saat pertandingan, Indonesia pun sudah kecolongan gol melalui Yousef Al Sulaiman. Namun, tim Merah Putih mampu bangkit. Klok menyamakan skor dari titik penalti. Selanjutnya, bek Rachmat Irianto mencetak gol yang menentukan kemenangan Indonesia.

Dengan kemenangan ini, saya yakin sepak bola Indonesia berkembang ke arah lebih baik

Raihan 3 poin di laga perdana mendapat sambutan menggembirakan dari pelatih Shin Tae-yong. Tak hanya itu, dirinya tak menyangka tim asuhannya bisa mengalahkan Kuwait.

“Secara khusus, saya tidak berpikir kami bisa memenangkan pertandingan. Namun, selalu ada kesempatan selama pemain bekerja keras,” ujar Shin dikutip dari keterangan PSSI.

Pelatih asal Korea Selatan ini sempat ragu karena pemain timnas bermain dengan suhu yang panas. “Cuaca lebih panas dari yang saya perkirakan. Sangat sulit bermain dalam kondisi seperti itu,” kata dia.

Rekor Tak Bagus

Selain itu Indonesia memiliki rekor tak bagus saat bertemu Kuwait. Bagaimana tidak, Indonesia tak pernah menang atas lawannya. Terakhir, Indonesia mengalahkan Kuwait pada tahun 1980 atau 42 tahun lalu.

Namun pemain menunjukkan permainan ngotot dan disiplin. Mereka mampu menjaga kerapatan ruang dengan baik dan memaksimalkan peluang.

“Dengan kemenangan ini, saya yakin sepak bola Indonesia berkembang ke arah lebih baik,” tutur Shin.

Hasil positif itu membawa Indonesia ke peringkat 2 klasemen sementara Grup A. Yordania bertengger di posisi pertama setelah mengalahkan Nepal 2-1. Kuwait berada di posisi 3 dan Nepal menjadi juru kunci.

Indonesia akan menghadapi Yordania, Minggu (12/6/2022) dini hari WIB. Selanjutnya, Selasa (14/6/2022), Indonesia melawan Nepal pada pertandingan penutup Grup A.*

Artikulli paraprakDatangkan Rifal Lastori, Sinyal PSIM Yogyakarta Ingin Promosi?
Artikulli tjetërLawan Persis di Laga Pembuka Piala Presiden 2022, PSS Sleman Minus Pemain Asing