Striker PSIS Semarang Carlos Fortes (kiri) rayakan gol saat lawan Persita Tangerang di Piala Presiden di Stadion Manahan, Solo, Senin (13/6/2022). (Foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – PSIS Semarang meraih kemenangan besar 6-1 atas Persita Tangerang di pertandingan Grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan, Solo, Senin (13/6/2022). Kemenangan itu menjadikan PSIS mencetak rekor dan striker andalan Carlos Fortes menjadi top skor setelah membuat brace.

PSIS menjadi tim pertama yang meraih kemenangan dengan mengemas 6 gol dalam satu pertandingan. Ini juga menjadi skor terbesar di turnamen pramusim.

Sebelumnya, pertandingan selalu berakhir dengan skor ketat. Salah satunya pada laga pembukaan saat Persis Solo bermain imbang 0-0 melawan PSS Sleman.

Ini tentu menjadi awal yang bagus bagi PSIS. Kami senang dengan kemenangan ini

Kemenangan besar PSIS mengantarkan striker Carlos Manuel dos Santos Fortes menjadi top skor sementara Piala Presiden setelah 2 kali membobol gawang Persita. Sedangkan PSIS langsung menduduki puncak klasemen Grup A setelah mengantungi poin 3.

Sementara, Persis dan PSS berada di posisi 2 dan 3 karena sama-sama memiliki satu poin. Persita yang kemasukan 6 gol menduduki dasar klasemen. Di grup itu masih ada Dewa United yang belum melakoni pertandingan. Tim promosi itu baru akan tampil menghadapi PSIS, Jumat (17/6/2022).

PSIS Tampil Menyerang

Dalam duel melawan Persita yang kini ditangani Angel Alfredo Vera ini, PSIS mengambil inisiatif menyerang. Tim berjuluk Mahesa Jenar mengandalkan Fortes sebagai centre forward. Mantan striker Arema FC ini mendapat dukungan dari Taisei Marukawa, Oktafianus Fernando dan kapten Hari Nur Yulianto.

Permainan ofensif PSIS langsung membuahkan hasil di menit 15. Oktafianus mengawali pesta kemenangan tim asal Semarang ini.

Pemain depan PSIS Semarang Taisei Marukawa (kiri) dibayangi pemain Persita Tangerang Fahreza Sudin di Piala Presiden di Stadion Manahan, Solo, Senin (13/6/2022). (Foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

Keunggulan 1-0 menjadikan PSIS kian bersemangat menekan lawan. Serangan mereka pun kembali memberi hasil saat Fortes mencetak gol menit 37. Dan, 3 menit kemudian, giliran Marukawa yang memantapkan kemenangan PSIS menjadi 3-0.

Persita kian terpuruk karena kehilangan seorang pemain setelah Israel Wamiau mendapat kartu merah menjelang akhir babak pertama. Dia harus meninggalkan arena gara-gara melakukan pelanggaran terhadap Fortes.

Di babak ke-2, PSIS tetap bermain menyerang. Akibatnya, Pendekar Cisadane keteteran karena bermain dengan 10 orang. Serangan PSIS kembali memberi hasil saat Hari Nur menaklukkan kiper Ray Redondo di menit 51.

Persita sempat memperkecil ketinggalan saat mendapat penalti di menit 54. Striker Ramiro Fergonzi menuntaskan eksekusi penalti dengan baik sehingga skor berubah menjadi 4-1.

Kapten PSIS Semarang Hari Nur Yulianto saat berdiskusi dengan wasit di pertandingan lawan Persita Tangerang di Piala Presiden di Stadion Manahan, Solo, Senin (13/6/2022). (Foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

PSIS tetap tak terbendung. Fortes mencetak brace setelah membobol gawang lawan di menit 78. Selanjutnya, pemain pengganti Rachmad Hidayat melengkapi kemenangan PSIS di menit 88. PSIS pun menutup laga dengan skor 6-1.

Permainan Terbuka

Pelatih PSIS Sergio Alexandre menuturkan tim mampu meraih kemenangan besar karena menerapkan permainan terbuka. Mereka menciptakan banyak peluang dan di babak pertama sudah unggul 3 gol. Menurut dia ini awal yang bagus bagi PSIS di turnamen pramusim.

“Ini tentu menjadi awal yang bagus bagi PSIS. Kami senang dengan kemenangan ini. Namun kami tetap melakukan evaluasi dari pertandingan ini,” kata Alexandre.

Sementara, Oktavianus mengakui pemain sempat nervous saat menjalani laga pertama ini. Hanya, mereka mampu mengatasi ketegangan, terutama setelah dirinya mencetak gol.*

Artikulli paraprakAjak Semeton Rayakan Juara Liga, Air Mineral Club Luncurkan Kemasan Spesial Bali United
Artikulli tjetërDarwin Nunez Pembelian Mahal Liverpool, Juergen Klopp Jilat Ludah