Darwin Nunez, pemain anyar Liverpool. (Sumber foto: Wikimedia Commons)

OLENAS.ID – Manajer Liverpool Juergen Klopp pernah mengecam pembelian mahal seorang pemain. Kini, dia harus menjilat ludah sendiri karena Liverpool bakal merogoh kocek sampai 85 juta poundsterling atau 1,5 triliun rupiah saat memboyong Darwin Nunez.

Klopp pernah mengritik keras Manchester United, klub rival Liverpool di kompetisi domestik, saat membeli kembali gelandang Paul Pogba pada 2016. Saat itu, Man United menggelontorkan duit 89 juta poundsterling untuk memboyong Pogba dari Juventus.

Pembelian Pogba memecahkan rekor transfer dunia. Namun Klopp menyatakan pembelian itu tak ada guna karena sepak bola bukan permainan individu tetapi tim. Eks pelatih Borussia Dortmund ini juga mengklaim dirinya tak akan mengikuti langkah Man United yang jor-jor hanya untuk membeli seorang pemain.

Klub lain bisa saja menghabiskan banyak uang dan mengumpulkan pemain top. Namun saya tidak akan seperti itu meski saya bisa saja melakukannya

“Bila Anda membeli satu pemain dengan harga 100 juta poundsterling, lalu dia mengalami cedera dan akhirnya hanya sia-sia. Begitunya sepak bola saat ini. Tetapi saya tidak melakukan itu lagi karena sepak bola adaah permainan bersama,” kata Klopp saat menanggapi transfer Pogba yang dikutip Manchester Evening News.

“Klub lain bisa saja menghabiskan banyak uang dan mengumpulkan pemain top. Namun saya tidak akan seperti itu meski saya bisa saja melakukannya,” ujar dia.

Komentar Klopp 6 tahun lalu ternyata tak hilang dari benak suporter Man United. Tak heran saat Liverpool merogoh kocek yang dalam saat mendatangkan Nunez, netizen yang tanpa akhlak ganti meledek Klopp.

Apalagi bukan kali pertama Liverpool menghabiskan banyak uang untuk mengumpulkan pemain top. Tahun-tahun sebelumnya, The Reds memboyong kiper Alisson, Luis Diaz dan bek tengah Virgil van Dijk dengan harga mahal.

Hanya, mereka yang meledek Klopp bisa jadi pendukung Man United yang kecewa. Pasalnya, Nunez merupakan bidikan utama Man United dan itu atas permintaan langsung manajer anyar Erik ten Hag. Sayangnya, The Red Devils gagal memboyong striker Benfica ini karena Liverpool sudah keburu menyerobotnya.

Nunez dan Uang Gampang Benfica

Lalu berapa Liverpool harus menggelontorkan duit untuk transfer itu? Liverpool sepakat membeli Nunez dengan harga 64 juta poundsterling atau Rp1,1 triliun. Namun ada kesepakatan yang membuat Liverpool masih harus membayar biaya tambahan yang mencapai 21,3 juta poundsterling atau Rp281 miliar.

Sumber di Benfica menyebutkan bonus tambahan itu sesungguhnya ‘easy money ‘alias uang gampang bagi klub Portugal itu. Pasalnya, syarat untuk mendapatkan bonus itu sangat mudah. Bila Nunez bermain 10 kali saja dalam satu musim, Benfica sudah mendapat bonus. Bila total bermain striker tim nasional Uruguay ini mencapai 60 kali, Benfica kembali mengantungi bonus.

Syarat yang gampang karena Nunez memang bakal menjadi andalan anyar Liverpool. Dia akan menggantikan Sadio Mane yang segera hengkang dari Anfield. Dan, Bayern Munich ingin memboyong Mane.

Klopp memang terpaksa menjilat ludah karena pembelian Nunez menjadi yang paling mahal dalam sejarah Liverpool. Sebelumnya, juara Piala FA dan Piala Liga ini pernah mengucurkan dana 75 juta poundsterling hanya untuk mendatangkan Van Dijk dari Southampton.

Tak hanya keluar uang yang tak sedikit, Liverpool pun harus memberikan gaji tinggi kepada Nunez yang mendapat kontrak berdurasi 5 tahun ini. Ya, gaji Nunez mencapai 98,6 ribu pooundsterling atau Rp1,7 miliar setiap pekan. Gaji itu sama dengan yang diterima Mane.

Liverpool menilai lebih baik memberi gaji sama ketimbang memenuhi permintaan kenaikan gaji dalam kontrak baru Mane.*

Artikulli paraprakPSIS Semarang Cetak Rekor Lawan Persita, Fortes Top Skor
Artikulli tjetërEksodus PSIS Semarang, Komarudin Susul Rekan ke PSS Sleman