Arema FC vs Barito Putera. (Foto: Dok. Piala Presiden)

OLENAS.ID – Arema FC lolos ke semifinal Piala Presiden 2022 usai menyingkirkan Barito Putera 5-4 (0-0) lewat drama adu penalti di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (2/7/2022). Di semifinal, Arema FC menunggu pemenang PSIS Semarang atau Bhayangkara FC.

Arema FC harus bekerja keras menaklukkan Barito Putera meski tampil di kandang sendiri. Bertindak sebagai tuan rumah karena berstatus juara grup di babak penyisihan, Arema FC sesungguhnya menguasai permainan.

Mereka memang unggul dalam penguasaan bola. Namun serangan Singo Edan selalu menemui kebuntuan.

Kami berhasil memenuhi target ke semifinal. Tentu kami ingin target tetap terjaga untuk terus bermain di Piala Presiden

Barito Putera pun bukannya tanpa perlawanan. Mereka justru sempat menekan pertahanan Arema FC pada menit-menit awal. Hanya saja upaya Bayu Pradana dkk pun tak memberikan hasil memuaskan.

Kedua tim memang bermain ofensif dengan menciptakan sejumlah peluang selama 90 menit pertandingan. Tetapi para pemain tidak mampu mencetak satu gol pun sehingga pertandingan berakhir imbang 0-0. Laga harus berlanjut adu penalti.

Dalam tos-tosan ini, Arema FC yang lebih beruntung. Eksekutor pertama, Muhammad Rafli, mampu menuntaskan tugasnya dengan baik.

Begitu pula bek Bagas Adi Nugroho, Adam Alis, Abel Camara dan Jayus Hariono sukses menaklukkan kiper Joko Ribowo. Sebaliknya, pemain tim nasional Evan Dimas menjadi satu-satunya pemain Arema FC yang gagal menuntaskan eksekusi.

Sedangkan 4 pemain Barito, yaitu Rafael Silva, Rizky Pora, Luthfi Kamal, dan Bayu mampu mencetak gol. Hanya, Renan Alves dan Dedi Hartono yang tidak bisa membobol gawang Adilson Maringga sehingga Arema FC akhirnya menang 5-4.

Arema FC Alami Kesulitan

Pelatih Arema FC, Eduardo Almeida menuturkan tim mengalami kesulitan di laga tersebut. Meski demikian, pelatih asal Portugal ini merasa puas karena tim mampu memenuhi target lolos ke semifinal.

“Kami bermain bagus dengan menciptakan banyak peluang. Namun tidak ada gol selama 90 menit. Ini yang memang tidak kami inginkan,” ujar Almeida dalam keterangan pers usai pertandingan.

“Meski demikian kami akhirnya bisa menang lewat adu penalti. Kami berhasil memenuhi target ke semifinal. Tentu kami ingin target tetap terjaga untuk terus bermain di Piala Presiden,” kata eks pelatih Semen Padang ini.

Lolos ke semifinal, Arema FC akan bertemu pemenang PSIS Semarang atau Bhayangkara FC. Laga 2 tim elite Liga 1 berlangsung di kandang PSIS di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (3/7/2022) pukul 15.30 WIB.

Susunan Pemain
Arema FC:
Adilson Maringa-Bagas Adi Nugroho, Johan Alfarizi, Sergio Silva, Adam Alis, Dendi Santoso, Evan Dimas, Renshi Yamaguchi, Irsyad Maulana, M Rafli.
Pelatih: Eduardo Almeida

Barito Putera: Joko Ribowo-Donni Monim, Renan Da Silva, Abrizal Umanailo, Bayu Pradana, Frans Rikhart Sokoy, M Lutfi Kamal, Rizki Rizaldi, Amirrudin Bagas Kaffa, Ferdiasyah, Rafael Feital.
Pelatih : Dejan Antonic*

Artikulli paraprakTim Tak Maksimal, PSS Sleman Tetap Ingin Sulitkan Persib Bandung
Artikulli tjetërLiverpool Nyaris Menjualnya, Mohamed Salah Malah Naik Gaji