Pemain Borneo FC merayakan gol Matheus Pato (kanan) saat lawan PSS Sleman di Piala Presiden 2022, Kamis (7/7/2022). (Foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – Borneo FC tampil trengginas, berstatus tim tamu tampil agresif, memberikan tekanan kuat kepada tuan rumah PSS Sleman sepanjang laga leg 1 Semi Final Piala Presiden 2022 di Stadion Maguwoharjo, Kamis (07/07/2022) malam. Brace Matheus Pato mempermalukan PSS Sleman.

Permainan Pato, Stefano Lilipaly, dan Terens Puhiri mampu menjadi mimpi buruk PSS Sleman. Penampilan apik penjaga gawang Muhammad Ridwan membuat PSS Sleman tak kebobolan lebih dari dua gol.

Kemenangan itu membuat Borneo FC melangkahkan satu kakinya di final Piala Presiden 2022. Tinggal bagaimana nanti di leg 2 Borneo mengamankan kemenangannya di kandang. PSS masih punya peluang membalas kekalahan, apalagi tidak adanya aturan gol tandang.

Begitu peluit babak pertama dimulai, Borneo FC langsung tancap gas melakukan serangan. Baru dua menit berjalan peluang emas didapat lewat sepakan keras Jonathan Bustos dari luar kotak penalti. Namun Muhammad Ridwan masih bisa menepisnya.

Super Elang Jawa, julukan PSS, tak berdiam diri, mereka memberikan serangan balasan. Gelandang serang, Ze Valente mendapat peluang dari dalam kotak penalti di menit ke-14, tapi tembakannya masih bisa diblok kiper Borneo FC, Angga Saputro.

Borneo terus menggempur pertahanan PSS, hingga mampu mencetak gol pertamanya di menit ke-18. Matheus Pato mampu merebut bola dari Manda Chingi. Tendangan datarnya tak mampu dihalau Ridwan.

Meski terus mencoba membalas gol lawan tapi upaya PSS kandas di area pertahanan Borneo FC. Ze Valente bekerja keras dan menjadi bintang PSS, tapi sering ia kurang mendapat dukungan dari rekan-rekannya. Kadang ia mendapat bola tapi harus memainkan dulu menanti rekannya mendekat.

Dalam upaya membalas, PSS justeru kebobolan lagi di menit akhir babak 1. Umpan pendek dari Stefano Lilipaly di dalam kotak penalti mampu dimanfaatkan oleh Pato dengan satu sentuhan. Sepakan kerasnya mengoyak jala gawang PSS. Babak 1 pertama berakhir dengan keunggulan 2-0 untuk Borneo FC.

Pertandingan makin menarik di babak 2. PSS Sleman meningkatkan serangannya, yang dibalas oleh Borneo FC dengan tekanan tinggi. Peluang PSS lahir di menit ke-57 setelah Todd Ferre menerima bola dari Ze Valente. Sayang, sepakannya bisa diblok oleh Angga Saputro.

Peluang Borneo didapat pada menit ke-58 lewat serangan balik. Matheus Pato memberi bola kepada Terens Puhiri di luar kotak penalti. Terens pun melepas tembakan keras yang masih bisa dihalau Ridwan.

PSS juga mendapat peluang emas mencetak gol di menit ke-71 lewat tendangan bebas yang dilakukan oleh Dave MustaineNamun tendangan jarak jauhnya yang keras masih mampu ditepios oleh Angga Saputro. Kiper Borneo FC ini juga melakukan penyelamatan di menit ke-80 ketika mampu mengamankan tendangan Ze Valente.

Tambahan waktu 5 menit tak mengubah keadaan, Borneo FC bisa pulang ke kandang dengan kemenangan 2-0. Kedua tim masih akan berjumpa pada leg kedua di Stadion Segiri, Samarinda, Senin (11/7/2022) malam. ***

Artikulli paraprakPSS Sleman Vs Borneo FC, Perhitungkan Kekuatan Tim Lawan
Artikulli tjetërGebuk PSIS 2-0, Satu Kaki Arema FC Sudah di Final Piala Presiden 2022