Timnas Indonesia U-19 gilas Myanmar 5-1. (Foto : tangkapan layar)

OLENAS.ID – Kemenangan telak 5-1 atas Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022) malam. tidak cukup mengantar Timnas U-19 Indonesia melangkah ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Kemenangan itu berakhir dengan kesedihan karena Indonesia harus tersingkir akibat regulasi jadul yang masih berlaku di AFF.

Namun regulasi yang digunakan dalam Piala AFF U-19 20202 adalah mengacu pada kriteria head to head yang dipakai dalam mini klasemen secara berurutan adalah perolehan poin, selisih gol, dan agresivitas gol.

Hal itu tercantum dalam pasal 12.2.4 regulasi Piala AFF U19 2022 bab sistem kompetisi.

Hasil imbang yang didapat Indonesia, Vietnam, dan Thailand, dalam mini klasemen Grup A identik dua (2) poin.

Oleh karena itu, selisih gol dipakai untuk menentukan posisi akhir ketiganya dalam mini klasemen Grup A. Namun, selisih gol ketiga tim ternyata juga serupa, yakni nol (0).

Setelah poin dan selisih gol tidak bisa digunakan, agresivitas gol dipakai untuk menentukan posisi akhir timnas U19 Indonesia, Vietnam, dan, Thailand,

Ketika menghadapi Thailand dan Vietnam, timnas U19 Indonesia hanya bermain imbang tanpa gol. Sedangkan Thailand dan Vietnam berhasil mencetak satu gol ketika berhadapan dalam laga terakhir grup A.

Agresivitas gol itulah yang membuat timnas U19 Indonesia tersingkir karena kalah bersaing dari Thailand dan Vietnam dalam mini klasemen Grup A.

Akhirnya Vietnam lolos ke semifinal Piala AFF U19 2022 sebagai juara Grup A ditemani oleh Thailand selaku runner up. ***

Artikulli paraprakAC Milan Bukan Favorit Juara Liga Italia Versi Gianluigi Buffon
Artikulli tjetërPSS Sleman Gagal Balas Dendam, Digebuk 4-0 Oleh Borneo FC