Gagal balas dendam, PSS Sleman dihajar 0-4 oleh Borneo FC. (Foto : Dok. PSS)

OLENAS.ID – Lengkap sudah keterpurukan PSS Sleman dalam semi final Piala Presiden 2022 setelah di leg kedua babak belur dihajar Borneo FC dengan empat gol tanpa balas di Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (11/7/2022) malam WIB.

Dalam leg 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (7/7/2022) PSS Sleman dipermalukan oleh Borneo FC dengan dua gol. Keterpurukan PSS di kandang sendiri bertambah dengan kinerja panitia yang dikeluhkan oleh suporter, serta adanya pelecehan seksual dari oknum suporter kepada wartawati yang meliput pertandingan.

Alih-alih balas dendam, tak satupun gol berhasil disarangkan oleh PSS di kandang lawan. PSS pun pulang ke bumi sembada dengan malu, kalah telak dengan 6 gol dari hasil laga di leg 1 dan 2.

Sedangkan bagi Borneo FC, kemenangan atas PSS membuat torehan manis melangkah ke final Piala Presiden 2022 menghadapi Arema FC yang menggusur PSIS Semarang dengan tiga gol dari hasil leg 1 dan 2.

Berangkat ke Samarinda dengan 21 pemain, pelatih PSS Seto Nurdiyantoro menurunkan susunan pemain yang berbeda. Starting eleven diisi dengan pemain lokal, termasuk tiga pemain muda Dimas Fani, Ifan Nanda Pratama dan Muhammad Fariz.

Dimas Fani yang menjaga gawang PSS, menggantikan Muhamad Ridwan mampu melakukan beberapa penyelamatan, seperti di menit ke-12. Eksekusi tendangan bebas dari jarak 30 meter oleh Javlon Guseynov mampu ditepis.

Namun empat menit kemudian, Dimas Fani gagal menahan bola tandukan Matheus Fato yang coba ditangkapnya. Tandukan Pato itu memanfaatkan umpan Stegano Lilipaly ke kotak penalti. Gol pertama pun tercipta untuk Borneo FC.

Ketinggalan satu gol tidak membuat PSS mampu menekan Borneo FC, sebaliknya klub kebanggaan warga Sleman itu malah dikurung terus. Kesigapan Dimas Fani di menit ke-28 mempu mengamankan tembakan Terens Puhiri dari jarak dekat.

Borneo FC akhirnya mempu menambah keunggulan sebelum babak pertama usai. Umpan manis dari Sultan Samma berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Stefano Lilipaly dengan tendangan mendatar yang tak mampu dijangkau oleh Dimas Fani. Babak pertama berakhir dengan keunggulan 2-0 untuk tuang rumah.

Memasuki babak kedua, Borneo FC makin ganas. Umpan silang Pato gagal dimanfaatkan oleh Stefano Lilipaly. Namun umpan silang berikutnya dari Pato di menit ke-54 mampu dimanfaatkan oleh Muhammad Sihran yang baru masuk. Borneo FC pun unggul 3-0.

PSS mencoba keluar dari tekanan, namun peluang yang didapat belum menghasilkan gol balasan.Tembakan Tood Rivaldo Ferre di menit ke-59 hanya meluncur tipis di sisi kanan gawang Angga Supotro.

Borneo FC tak mengendorkan tekanannya. Pesut Etam berhasil mencetak gol keempat pada menit ke-66. Diego Michiels berhasil memanfaatkan tendangan bebas Stefano Lilipaly.

Upaya PSS mencetak gol balasan makin berat setelah kehilangan satu pemain, Rifky Suryawan harus meninggalkan lapangan karena mendapat kartu kuning keduanya. Maka PSS pun harus menelan pil pahit, tersingkir dari semi final dengan kebobolan 6 gol tanpa balas. ***

Artikulli paraprakPahit, Aturan Jadul Gugurkan Indonesia ke Semifinal Piala AFF U-19 2022
Artikulli tjetërPSSI Akan Kirim Protes ke AFF, Minta Investigasi Laga Vietnam vs Thailand