Striker PSS Sleman Boaz Solossa (kanan) menghadapi Borneo FC. (Foto: Dok. PSS Sleman)

OLENAS.ID – PSS Sleman gagal mencapai final Piala Presiden 2022. Pada laga semifinal ke-2 di Stadion Segiri, Samarinda, Senin (11/7/2022), PSS kalah telak 4-0 dari Borneo FC. Hasil itu menjadikan Borneo FC ke final menghadapi Arema FC.

PSS harus bekerja keras mengejar defisit gol karena sudah kalah 2-0 pada semifinal pertama di Sleman. Paling tidak, mereka butuh minimal 3 gol untuk membalikkan keadaan.

Namun upaya PSS sia-sia. Mereka harus menghadapi agresivitas pemain Borneo FC. Pelatih PSS Seto Nurdiyantoro menuturkan tim sesungguhnya sudah berusaha menahan permainan agresif tuan rumah. Sayangnya, strategi itu hanya bisa berjalan dengan baik kurang dari 20 menit pertama.

Namun kami harus mengakui telah melakukan kesalahan. Ini menjadi pembelajaran kami

Penyerang Borneo FC Matheus Pato kembali membobol gawang PSS sekaligus membuka kemenangan tim setelah kiper Dimas Firmansyah gagal menangkap bola dari dia secara sempurna di menit 16. Sebelumnya, pemain asal Brasil ini memborong 2 gol kemenangan Borneo pada laga pertama di Sleman.

Borneo FC kemudian menambah gol melalui Stefano Lilipaly, Sihran Amarullah dan Diego Michiels. Borneo menutup laga dengan keunggulan 4-0. Mereka pun unggul agreget 6-0.

“Kami sesungguhnya sudah berusaha mengatasi agresivitas permainan Borneo FC,” kata Seto menanggapi kekalahan telak PSS.

“Namun kami harus mengakui telah melakukan kesalahan. Ini menjadi pembelajaran kami. Terutama kualitas permainan perlu pembenahan sebelum memasuki kompetisi Liga 1,” ucap eks pemain tim nasional ini.

Seto Apresiasi Pemain

Meski demikian, Seto memberi apresiasi kepada Boaz Solossa dkk yang tetap tenang meski ketinggalan gol karena kesalahan sendiri. Mereka berusaha menekan pertahanan Borneo FC.

“Di babak pertama, kami tampil lebih tenang meski ketinggalan gol. Ini layak mendapat apresiasi. Kami mencoba mengendalikan permainan impresif Borneo FC. Tetapi kami mengakui banyak kekurangan,” kata Seto lagi.

Gagal di turnamen pramusim, PSS sepenuhnya fokus pada Liga 1. Seto berharap bisa melakukan pembenahan pada kualitas tim sebelum mengarungi kompetisi.*

Artikulli paraprakShin Tae-yong Unggah Video Vietnam vs Thailand, Pertanyakan Fair Play
Artikulli tjetërJelang Kick Off Liga 1 2022 PSS Sleman Lepas Mario Maslac