Timnas U-19 VIetnam dan Thailand dalam laga yang dinilai menabrak sisi fairplay. (foto : @affu19championship)

OLENAS.ID – Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong mempertanyakan sisi fairplay dari Vietnam dan Thailand saat keduanya berhadapan di laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022.

Kekecewaan itu dituangkannya dalam unggahan video di akun instragram pribadinya. Pelatih asal Korea Selatan itu mengunggah video kedua tim dari menit ke-85 yang bermain ogah-ogahan saat skor sudah 1-1. Skor yang dibutuhkan untuk melengserkan Indonesia dan mengantar keduanya ke semi final Piala AFF U-19 2022.

Dalam video itu juga disoroti pemain Thailand dan Vietnam yang terjatuh seolah cidera. Aksi yang jelas mengulur waktu.

“Apakah ini benar fairplay yang sebenar-benarnya? Saya ingin tanya kepada para fans sepak bola,” tulis Shin Tae-yong di akun Instagram-nya.

Shin juga menyatakan kekecewaannya sebagai sesama pelatih.

“Apa yang para pemain muda bisa rasakan dan apa yang para pemain muda bisa belajar dari pertandingan tersebut?,” ucap Shin Tae-yong.

Meskipun menjadi tim paling produktif dan punya koleksi poin sama dengan Vietnam dan Thailand, Timnas Indonesia U-19 harus tersingkir karena kalah secara head to head. Dalam regulasi AFF, head to head yang dimaksud adalah hasil pertemuan ketiga tim, tanpa menghitung hasil menghadapi Filipina, Brunei Darussalam dan Myanmar.

Meski Indonesia memiliki nilai sama, dengan selisih gol tertinggi, tapi dinyatakan kalah karena tidak mencetak gol saat bermain imbang (0-0) dengan Vietnam dan Thailand. Sedang kedua tim mencetak gol dalam laga ogah-ogahan itu yang berakhir 1-1.

Pada unggahan lainnya, Shin juga mengaku bangga dengan kerja keras dan permainan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. Unggahan ini berisi cuplikan pertandingan saat menghadapi Myanmar yang dimenangi dengan skor telak 5-1.

“Dapat dari manakah penghargaan keringat dan antusias serta pengorbanan parapemain yang dilakukannya untuk negara? Saya sangat bangga kepada para pemain yang bekerja keras,” tegas Shin Tae-yong. ***

Artikulli paraprakKalahkan PSIS Semarang, Arema FC ke Final Piala Presiden 2022
Artikulli tjetërBorneo FC Vs PSS Sleman, Gara-gara Gagal Strategi di Piala Presiden