Arema FC juara Piala Presiden 2022. (Foto: tangkapan layar televisi)

OLENAS.ID – Arema FC berhasil meraih gelar juara Piala Presiden 2022 setelah di leg kedua final mampu menahan imbang Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (17/7/2022) malam. Di leg pertama final Arema FC menang 1-0.

Kemenangan itu membuat Arema FC sukses meraih gelar ketiganya sebagai juara Piala Presiden setelah edisi 2017 dan 2019. Sedangkan bagi pelatih Arema FC, Eduardo Almeida merupakan raihan gelar pertamanya di Indonesia. Pelatih asal Portugal ini belum pernah membawa tim jadi juara. Baik itu pra musim atau kompetisi.

Sementara itu bagi Milomir Seslija, pelatih Borneo FC, keberhasilan Arema FC merengkuh juara Piala Presiden 2022 membuatnya gagal mencetak rekor sebagai pelatih yang membawa dua tim berbeda sebagai kampiun. Milo merupakan pelatih Arema FC ketika menjadi juara Piala Presiden 2019. 

Sengit

Pertandingan kedua tim berlangsung seru dan menegangkan sejak menit awal. Borneo FC langsung tampil menggebrak, mengurung Arema namun sulit menciptakan peluang meski mendominasi penguasaan bola.

Sementara itu Arema FC bertahan dengan baik dan mengandalkan skema serangan balik yang cukup membahayakan pertahanan Borneo FC.

Peluang Pesut Esam, julukan Borneo FC, didapat di pertengahan babak pertama. Namun Adilson Maringa, kiper Arema FC yang bermain apik sepanjang laga mampu mengamankan sepakan Diego Michiels. Begitu juga tandukan Agung Prasetyo di menit ke-40, memanfaatkan umpan silang, bisa digagalkan Maringa.

Gempuran Borneo FC tak surut saat babak kedua dimulai, namun sering kandas lewat strategi Singo Edan yang mengawal ketat Pato dan Jonathan Bustos. Hanya Stefano Lilipaly yang masih mempunyai ruang gerak dengan mengirimkan umpan-umpan berbahaya.

Tak ingin terus digempur dan bertahan Arema FC mencoba melakukan penyegaran pemain di sektor tengah dan depan. Muhammad Rafli, Irsyad Maulana, dan Evan Dimas dimainkan pelatih Eduardo Almeida.

Memasuki menit ke-60, Arema FC mampu perlahan-lahan keluar dari tekanan. Peluang emas pun didapat di menit ke-60 lewat umpan silang Abel Camara yang juga mendapat pengawalan ketat. Sayangnya Muhammad Rafli tidak mau mengoper bole ke Irsyad Maulana yang berdiri bebas di kotak penalti. Rafli memilih menendang, yang melambung tinggi di atas mistar gawang.

Duel Arema FC dan Borneo FC makin memanas, berlangsung dalam tempo tinggi di menit-menit akhir. Milo dan Almeida sempat terlibat adu mulut dari bangku cadangan.

Hingga perpanjangan waktu 8 menit berakhir, skor tetap tidak berubah. Arema FC memenangkan laga dengan agregat 1-0, para pemain dan ofisial bersorak gembira. Singo Edan meraih gelar ketiganya di Piala Presiden. ***

Daftar Susunan Pemain

Borneo FC (4-3-3): Angga Saputro; Diego Michiels, Javlon Guseynov, Agung Prasetyo, Leo Guntara; Hendro Siswanto, Kei Hirose, Jonathan Bustos; Terens Puhiri, Matheus Pato, Stefano Lilipaly;
Pelatih: Milomir Seslija

Arema FC (4-2-3-1): Adilson Maringa; Ricky Dwi, Bagas Adi Nugroho, Sergio Silva, Johan Farizi; Renshi Yamaguchi, Jayus Hariono; Dendi Santoso, Gian Zola, Adam Alis; Abel Issa Camara;

Pelatih: Eduardo Almeida

Artikulli paraprakLuapan Emosi Anthony Ginting Usai Juara Tunggal Putra Singapore Open 2022
Artikulli tjetërPenghargaan Piala Presiden 2022 Didominasi Borneo FC, Maringa Jadi Pemain Terbaik