Timnas Putri U-18 saat berlatih. (Foto : PSSI)

OLENAS.ID – Modal tiga poin mampu diraih oleh Timnas Putri U-18 Indonesia di Piala AFF Wanita U-18 2022 setelah berhasil menang tipis 1-0 atas Singapura di Stadioon Gelora Jakabaring, Palembang, Jumat (22/7/2022) malam.

Gol semata wayang itu dicetak oleh Claudia Scheunemann di menit ke-29 lewat kombinasi serangan cepat dari trio Claudia Scheunemann, Sheva Imut dan Marcela Awi.

Dalam posisi sempit Claudia melepaskan tembakan ke sisi kanan gawang Singapura, yang tak mampu dijangkau oleh kiper Nurul Ilyanis.

.Hasil ini membuat tim asuhan Rudy Eka Priyambada menempati posisi kedua klasemen sementara Grup A dengan 3 poin. Angka yang diperoleh tersebut sama dengan Thailand di peringkat teratas, yang unggul dalam hal selisih gol.

Penyelesaian Akhir

Sejak awal laga, kedua tim saling berbalas serangan hingga 10 menit pertama.

Setelah gol dari Claudia, Garuda Pertiwi makin percaya diri dan mampu menghadang serangan Singapura yang ingin mencetak gol balasan. Upaya yang dilakukan Singapura untuk mencetak gol balasan terus mengalami kebuntuan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua dominasi permainan tetap dipegang oleh Sheva Imut dan kawan-kawan. Banyak peluang tercipta, sayangnya penyelesaian akhir yang buruk jadi sia-sia.

Dari aspek teknik pun Indonesia unggul. Beberapa pemain mampu menunjukkan skill untuk mengecoh lawan. Namun selain penyelesaian akhir, masih juga ada kesalahan mendasar pada passing.

Di akhir laga para pemain Indonesia menunjukkan ketenangannya menghadapi gempuran Singapura. Hingga peluit panjang ditiup oleh wasit, kemenangan 1-0 tak berubah bagi Indonesia.

Indonesia tergabung di Grup A Piala AFF Wanita U18 2022 bersama Vietnam, Thailand, Kamboja dan Singapura.

Setelah melewati Singapura,Indonesia akan menghadapi Kamboja (24/7/2022), Vietnam (26/7/2022) dan Thailand (28/7/2022) di fase grup. ***

Untuk bisa melaju ke semifinal Piala AFF U-18 2022 skuad polesan Rudy Eka wajib menempati juara atau runner-up Grup A

Susunan Pemain:

Indonesia: Fani Supriyanto; Azra Zifa, Aulia Al Mabruroh, Nastasia Suci, Alzira Ayu; Helsya Maeisyaroh, Valencia Antogia, Liza Madjar, Claudia Scheunemann, Sheva Imut, Marcela Awi;
Pelatih: Rudy Eka Priyambada

Singapura: Nurul Ilyanis, Siti Nurerwadah Erwan, Nurhidayu Naszri, Elyssa Qistina, Nur Adrianna Hazeri, Nasriah Ibrahim, Kyra Elise Taylor, Nur Sarah, Nurzaherra Maisarah, Summer Chong, Farah Nurzahirah;
Pelatih: Chris Yip-Au

Artikulli paraprakMengejutkan, Risna Prahalabenta Mundur Dari Persik Kediri
Artikulli tjetërPSM Makassar Permalukan PSS Lewat Brace Wiljan Pluim