PSM jebol gawang PSS lewat brace Wiljan Pluim (Foto : ligaindonesiabaru)

OLENAS.ID – Mengawali BRI Liga 1 2022-2023 di kandangnya, Stadion Maguwoharjo, Sabtu (23/7/2022) PSS dipermalukan tamunya, PSM Makassar dengan skor 1-2. Gelandang PSM, Wiljan Pluim mencetak brace (menit 17 dan 28), yang hanya dibalas satu gol oleh takluk 1-2 lewat brace Wiljan Pluim. Gol balasan PSS dicetak lewat sundulan kepala Tallyson Duarte (88′).

Hasil membuat PSS tak mampu mengulang kemenangan dramatis pada 23 Agustus 2019. Saat itu PSS juga tertinggal 0-2 di babak pertama ketika menjamu PSM Makassar. Namun di babak kedua, PSS mampu membalikkan keadaan dan mengakhiri laga dengan kemenangan 3- lewat brace Brian Ferreira dan Kushedya Yudo.

Dalam laga perdananya di BRI Liga 1 2022-2023 PSS menurunkan semua pemain asingnya. Sejak babak pertama dimulai tim asuhan Seto Nurdiyantoro itu terus memberikan tekanan dengan mengandalkan penyerang anyarnya, Mychell Chagas.

Sementara PSM dengan kolektivitas tim mengandalkan gelandang asal Belanda, Wiljan Pluim.

Gol pertama Pluim berawal dari bola muntah hasil tendangan Rasyid Bakrie yang coba dimanfaatkan oleh Pluim, tapi bek PSS Syaiful Ramadhan. Namun Pluim tetap mampu melepaskan tendangan backheel untuk menjebol gawang Muhammad Ridwan.

Di babak kedua, tekanan yang diberikan PSS tetap belum bisa menembus pertahanan Juku Eja. Bahkan kesalahan mendasar seperti di babak pertama, yakni beberapa kali umpan yang salah, tetap dilakukan oleh pemain PSS.

Selain sulitnya menembus pertahanan PSM, peluang yang didapat juga digagalkan kiper Reza Arya yang bermain cukup gemilang dalam laga kali ini. Seperti tendangan bebas di menit ke-55 oleh Ze Valente yang masih bisa ditepis. Reza juga menyelamatkan gawangnya di menit ke-59 dari tembakan striker anyar PSS, Mychell Chagas.

Tekanan yang terus dilakukan PSS bukan tak membuahkan hasil, seperti di menit ke-85 saat tandukan Dedy Gusmawan mampu mengoyak gawang PSM. Namun hakim garis mengangkat bendera, ada beberapa pemain Super Elang Jawa yang terjebak off side.

Namun gempuran tiga menit kemudian mampu memperkecil ketertinggalan PSS saat Tallyson Duarte mampu menanduk umpan Ze Valente. Sepakan dari luar kaki Ze tepat ke arah Duarte yang dengan sundulan keras menjebol gawang PSM.

Hingga peluit panjang dibunyikan wasit kedudukan tak berubah. PSM Makassar berhasil mempermalukan PSS Sleman. ***

Artikulli paraprak
Artikulli tjetërSubsidi Klub BRI Liga 1 2022-2023 Dipastikan Naik, Jadi Di Atas Rp 5 Miliar