Selebrasi TImnas Indonesia Puteri U-18 saat hadapi Vietnam. (Foto : Instagram PSSI)

OLENAS.ID – Sempat memimpin 1-0 atas Vietnam dalam laga Grup A Piala AFF U-18 Wanita 2022 di Stadion Jakabaring, Palembang, Selas (26/7/2022) malam, Timnas Indonesia Putri U-18 akhirnya kalah 2-1. Indonesia tidak siap melakukan antisipasi sepak pojok. Dua gol Vietnam lahir dari kemelut akibat sepak pojok.

Hasil itu merupakan kekalahan perdana Timnas Indonesia, setelah sebelumnya menang dua kali atas Singapura dan Kamboja, masing-masing dengan satu gol.

Indonesia sendiri tampil agresif sejak awal babak pertama. Mereka bermain spartan, berani merebut bola dan mengejar bola. Seakan tak pernah lelah.

Meski begitu masih juga ada kesalahan mendasar mewarnai perjuangan itu yakni salah passing dan kontrol bola. Ketika mendapat bola beberapa kali salah oper ke lawan. Begitu juga saat menerima umpan, bola tidak lengket dijinakkan malah mental ke arah lawan. Kesalahan yang perlu diperbaiki oleh skuad asuhan Rudy Eka Priyambada itu.

Tekanan demi tekanan akhirnya membuahkan hasil di menit ke-37. Gol indah kembali tercipta, kali ini oleh Marsela Awi lewat tendangan chip dari luar kotak penalti yang tidak bisa dijangkau oleh kiper Vietnam.

Namun keunggulan satu gol tak bertahan lama, Saat babak pertama akan berakhirnya, tepatnya di menit ke-45+2 Vietnam berhasil mencetak gol melalui Ngoc Minh Chuyen. Tendangan pojok tak mampu dihalau pemain belakang Indonesia, dan bola muntah disambar oleh Chuyen.

Memasuki babak kedua kedua tim saling baku serang. Permainan berlangsung lebih ketat dan keras. Situasi sempat memanas ketika terjadi gesekan antara Marsela Awi dengan kapten timnas putri U-18 Vietnam, Le Thi Bao Tram.

Sepak pojok kembali jadi momok bagi Indonesia, sekaligus menunjukkan lemahnya kemampuan mengantisipasinya. Bola dari sepak pojok gagal disapu dengan sempurna. situasi sepak pojok kembali dimanfaatkan Vietnam untuk mencetak gol.

Pemain Vietnam nomor punggung 6,  Nguyen Thi Nhu Quynh langsung menyambar bola yang melayang menuju dirinya untuk membobol gawang Indonesia. Vietnam berbalik unggul 2-1 pada menit ke-73.

Gol kedua itu memberi pengaruh cukup berat bagi para pemain Indonesia. Serangan demi serangan untuk menyamakan kedudukan terkesan terburu-buru. Para pemain Vietnam pun tak kesulitan mementahkannya.***

Susunan Pemain

  • Vietnam (4-3-3): Nguyen Phuong Thao (kiper), Ho Thi Thanh Thao, Ly Ninh Trang, Le Thi Bao Tram, Bui Thi Phuong Nguyen (belakang), Nguyen Thi Nhu Quynh, Tran Nhat Lan, Vu Thi Hoa (tengah), Dang Thi Duyen, Ngoc Minh Chuyen, Luu Hoang Van (depan)
  • Pelatih: Ijiri Akira (Jepang)
  • Timnas Indonesia Putri U-18 (4-4-2): Fani Supriyanto (kiper), Natasia Suci, Azra Zifa, Helsya Maeisyaroh, Aulia Al Mabruroh (belakang), Zara Apriyanti, Liza Madjar, Sheva Imut, Ina Wetipo (tengah), Marsela Awi, Mayzura Yusuf (depan)
  • Pelatih: Rudy Eka Priyambada (Indonesia)
Artikulli paraprakMinta Maaf kepada Warga Yogyakarta, Walikota Solo Minta Suporter Rusuh di-Blacklist
Artikulli tjetërPiala AFF Futsal Antarklub 2022 Diundur