TImnas Puteri Inggris rayakan kemenangan atas Jerman (Foto : BBC)

OLENAS.ID – Timnas Puteri Inggris akhirnya mengakhiri penantian panjangnya setelah berhasil menjadi Juara Piala Eropa Wanita 2022. Di final yang berlangsung di Wembley Stadium (31/7/2022) mereka mengalahkan Jerman dengan 2-1.

Pada tahun 2009 Inggris hampir meraih gelar juara ketika mampu melangkah ke final. Tapi mereka akhirnya takluk dari Timnas Jeman. Kemenangan di Wembley Stadium menjadi momen balas dendam sekaligus mimpi yang jadi kenyataan sebagai juara Piala Eropa Wanita 2022.

Kemenangan atas Jerman juga menjadi catatan tersendiri bagi pelatih Inggris, Sarina Wiegman yang baru beberapa bulan menangani The Lionesses.

Meski begitu, seperti dilansir dari BBC, Wiegman dikenal sebagai sosok yang bertangan dingin. Ia pernah membawa Belanda memenangkan Euro 2017. Daftar prestasinya kini bertambah usai membantu Inggris menjadi juara Piala Eropa 2022.

Jerman harus kehilangan kapten sekaligus mesin pencetak golnya, Alexandra Popp yang tidak bisa turun di partai final karena cedera. Sedangkan Inggris full team, dengan starting XI yang sama dengan pertandingan-pertandingan sebelumnya menjelang final.

Setelah bermain tanpa gol di babak pertama, Inggris akhirnya mampu mendulang gol pertamanya di menit ke-62. Ella Toone mampu menjebol gawang Jerman setelah memanfaatkan umpan dari Keira Walsh.

Upaya Jerman untuk menyamakan kedudukan barus berhasil di menit ke-79 lewat Lina Magull. Kedudukan 1-1 bertahan hingga waktu normal.

Dalam perpanjangan waktu, Inggris mampu menambah golnya di menit ke-110 melalui Chloe Kelly. Hasil 2-1 ini bertahan hingga wasit meniup peluit.

Kelly tak henti mengekspresikan kegembiraannya pasca kemenangan Timnas Inggris di babak final. Penggawa skuad wanita Manchester City itu berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses rehabilitasi cederanya, sehingga ia bisa kembali tampil bersama The Lionesses di ajang sepak bola bergengsi Eripa.

“Jujur, ini luar biasa. Ini adalah mimpi saya sebagai seorang gadis muda yang menyaksikan sepak bola. Terima kasih kepada semua orang yang berperan dalam proses rehabilitasi saya,” ujar Chloe Kelly yang sempat cedera kepada BBC pasca pertandingan, seperti dilansir dari CNN Sports. ***

Artikulli paraprakPersik vs Bhayangkara 1-1, Dua Gol Dari Mantan
Artikulli tjetërCesc Fabregas Gabung Como 1907, Akan Dilatih Kurniawan Dwi Yulianto