Liverpool di pertandingan Liga Premier Inggris. (Foto: Twitter/LFC)

OLENAS.ID – Liverpool nyaris tumbang di laga perdana Liga Premier Inggris. Menghadapi Fulham dalam duel di Stadion Craven Cottage, Sabtu (6/8/2022), Liverpool bermain imbang 2-2. Pemain depan Mohamed Salah menggagalkan kejutan dari tim promosi sekaligus menyelamatkan muka Liverpool.

Kegagalan Liverpool yang menjadi salah satu unggulan juara liga mengawali pekan perdana kompetisi Inggris. Hasil itu memang sedikit mencoreng muka The Reds yang musim lalu menjadi juara Piala FA dan Carabao Cup atau Piala Liga ini.

Meski demikian, hasil imbang itu menjadikan Liverpool mencatat rekor tak pernah kalah selama 20 laga sebelumnya di liga. Mereka menang 16 kali dan imbang 4 kali setelah terakhir kali menelan kekalahan 1-0 dari Leicester City pada Desember 2021.

Tim yang menjadi runner up liga musim lalu itu juga tak terkalahkan selama 10 laga perdana di kompetisi. Catatan mereka memang ciamik karena menang 8 kali dan imbang 2 kali.

Rekor gemilang itu nyaris patah saat Liverpool menyambangi markas Fulham. Laga ini juga menjadi catatan khusus bagi tim yang kembali promosi. Meski gagal menang, namun ini menjadi awal yang bagus bagi The Cottagers yang sejak 2014 selalu bolak-balik dari Liga Premier ke Divisi Championship.

Liverpool Unggul Penguasaan Bola

Di laga itu, Liverpool memang unggul dalam penguasaan bola. Namun Fulham tampil lebih baik dan efisien, terutama selama 45 menit pertama. Bahkan tuan rumah berhasil unggul saat striker Aleksandar Mitrovic menyambut umpan silang Kenny Tete di menit 32. Sundulan eks pemain Newcastle United ini sukses menaklukkan kiper Alisson Becker. Skor 1-0 untuk Fulham bertahan sampai akhir babak pertama.

Liverpool mencoba bangkit di babak ke-2. Masuknya pemain anyar Darwin Nunez yang menggantikan Roberto Firmino menjadikan serangan The Pool lebih mengigit. Striker tim nasional Uruguay ini mampu memecah kebuntuan setelah membobol gawang lawan di menit 64. Lewat sontekan tumitnya, Nunez menyambut umpan Mo Salah untuk mencetak gol.

Skor imbang tak membuat Fulham kehilangan semangat. Mereka mempertahankan permainan ofensif demi meraih kemenangan pertama di kandang. Upaya tim asuhan Marco Silva tak sia-sia.

Fulham Dapat Hadiah Penalti

Fulham mendapat hadiah penalti setelah bek Liverpool Virgil van Dijk melakukan pelanggaran dengan menjatuhkan Mitrovic di kotak penalti di menit 71. Penyerang timnas Serbia itu sendiri yang mengeksekusi penalti setelah Alisson tak mampu menjangkau bola. Skor berubah 2-1.

Sayangnya, Fulham tak mampu mempertahankan keunggulan. Di menit 81, Mo Salah mencetak gol yang menyelamatkan muka Liverpool. Gol berawal dari umpan silang Trent Alexander-Arnold yang berusaha dikuasai Nunez. Namun bola kemudian jatuh di hadapan Salah yang dengan mudah menendangnya ke gawang.

Skor berubah 2-2 dan bertahan sampai akhir laga. Kegagalan mempertahankan keunggulan membuat Silva agak kecewa. Menurut dia Fulham seharusnya mendapat hasil lebih dari satu poin.

“Kami pantas mendapatkan lebih. Pemain layak mendapatkan lebih dari pertandingan ini. Saya tahu Liverpool bermain lebih baik di babak ke-2 dibandingkan babak pertama. Mereka menguasai permainan, tetapi organisasi permainan kami sangat bagus,” kata Silva seperti dikutip laman klub.

“Meski demikian, saya mengucapkan selamat kepada pemain dan fans. Saya senang dengan permainan kami di babak pertama. Kami bisa memblok semua serangan mereka. Kami bermain agresif dan mengontrol pertandingan dengan sangat baik. Penampilan kami sungguh sempurna,” ujar manajer asal Portugal ini.

Klopp Puji Fulham

Sementara, manajer Liverpool Juergen Klopp tak segan memuji Fulham. Menurut dia Fulham merupakan tim promosi yang berkualitas dan bermain bagus saat menghadapi Liverpool.

“Fulham bermain bagus. Musim lalu, pencapaian mereka sungguh mengesankan. Berhasil promosi dengan permainan yang bagus merupakan salah satu hal yang tidak mudah di Divisi Championship,” kata Klopp.

“Mereka semua bermain sepak bola dengan baik. Saya menaruh respek dengan apa yang Fulham lakukan,” ucapnya.*

Artikulli paraprakTertinggal Gol Dari Diving Pemain Vietnam, Indonesia Juara Grup A Piala AFF U-16 2022
Artikulli tjetërBorneo FC Pesta Gol, Persib Bandung di Papan Bawah