Timnas U-16 Indonesia mengalahkan Vietnam 2-1. (Foto : PSSI)

OLENAS.ID – Para pemain muda menunjukkan kehebatan mental setelah tertinggal 1-0 dari Vietnam dalam laga perebutan juara Grup A Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8/2022) malam. Mereka membalikkan keadaan dan mengakhiri pertandingan yang menawan itu dengan kemenangan 2-1.

Keberhasilan mengalahkan Vietnam itu mengantar Indonesia melaju ke babak semi final. Indonesia menang di setiap laga fase grup. Mereka sebelumnya telah mengalahkan Filipina (2-0), Singapura (9-0), dan kini memuncaki klasemen akhir Grup A Piala AFF U-16 2022.

Sejak dimulai babak pertama Garuda Muda langsung memberikan tekanan tinggi. Mendominasi penguasaan bola dan memberi banyak ancaman. Sayangnya belum membuahkan gol.

Vietnam mampu keluar dari tekanan sejak menit ke-10. Kedua tim saling memberi ancaman.

Dalam suatu serangan, tampil menggebrak sejak babak pertama dimulai. Tekanan tinggi diberikan ke lawannya.

Sayang sekali jelang pertandingan berakhir, tepatnya di menit ke-40 Indonesia dihukum penalti. Kejadian bermula saat gelandang Vietnam, Le Dinh Long Vu merangsek ke kotak penalti Indonesia. Rizdjar Nurviat yang mencoba mengamankan bola malah dianggap melakukan pelanggaran oleh wasit Warintom Sassade (Thailand).

Kapten tim Nguyen Cong Phuong yang maju sebagai eksekutor berhasil memaksimalkan menjadi gol.

Padahal saat dilihat dari tayangan ulang, Long Vu terjatuh sendiri, bukannya dilanggar oleh Rizdjar. Aksi diving itu tidak dilihat oleh wasit dan asistem wasit.

Gol itu melecut timnas U-16 Indonesia untuk segera membalas. Ancaman tercipta, tapi tak ada lagi gol hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, tim asuhan Bima Sakti langsung tancap gas. Mereka bermain agresif, dan membuahkan hasil di menit ke-51. Umpan matang dari Narendra Tegar disambut oleh Arkhan Kaka dengan sundulan yang tak mampu dihalau kiper Vietnam. Kedudukan berubah menjadi 1-1.

Tak butuh waktu lama, empat menit kemudian sebuah serangan balik dilancarkan Indonesia yang membuahkan hasil lewat Nabil Asyura. Indonesia unggul 2-1 yang disambut dengan gemuruh oleh 8.000 penonton.

Tertinggal satu gol membuat Vietnam meningkatkan tekanan, tapi tidak mampu membobol pertahanan Indonesia. Stopper Iqbal bermain lugas memimpin rekan-rekannya menghalau serangan Vietnam.

Timnas U-16 Vietnam bisa menceploskan bola di menit ke-86, tapi tak disahkan karena dianggap lebih dulu melanggar.

Duel sengit terus tersaji hingga fase akhir, namun tak ada gol tambahan. Timnas Indonesia sukses menaklukkan Vietnam dan melaju dengan mulus ke babak semi final Piala AFF U-16 2022. ***

Artikulli paraprakTry Hamdani Gemilang, PSS Curi Poin Dari Kandang Arema FC
Artikulli tjetërFulham Vs Liverpool, Mohamed Salah Gagalkan Kejutan Tim Promosi