Pemain Borneo FC merayakan gol. (Foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – Persib Bandung hancur lebur di kompetisi Liga 1 2022/2023. Dalam duel tandang di di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (7/8/2022), Borneo FC pesta gol dengan membantai Persib 4-1. Kekalahan telak itu menjadikan Persib masih berada di papan bawah klasemen.

Borneo FC tampil luar biasa saat menghadapi tim-tim kuat di liga. Setelah mengawali kompetisi dengan menghajar Arema FC 3-0, mereka kemudian menaklukkan Persib.

Kemenangan itu juga menandai kebangkitan Borneo FC. Sebelumnya saat melakoni laga tandang, tim Pesut Etam harus menyerah 3-1 oleh Barito Putera dalam Derbi Borneo.

Hasil buruk derbi itu menodai start gemilang Borneo FC yang akhirnya meraih 2 kemenangan dari 3 laga pertama. Meski demikian Stefano Lilipaly dkk tetap bisa bertengger di papan atas klasemen. Mereka menduduki peringkat 4 dengan poin 6. Sama dengan Bali United, namun Borneo FC unggul selisih gol.

Borneo FC masih terpaut 3 poin dari 2 tim teratas, Persebaya Surabaya dan Persikabo 1973, yang meraih hasil sempurna pada 3 pertandingan pertama. Sementara, PSM Makassar berada di peringkat 3 dengan poin 7. Persaingan yang cukup ketat di papan atas klasemen Liga 1.

Bagaimana dengan Persib? Awal yang buruk bagi tim asuhan Robert Rene Alberts. Mereka hanya mampu mengoleksi satu poin dari hasil imbang 2-2 melawan Bhayangkara FC. Saat bermain di kandang sendiri, Maung Bandung justru menelan kekalahan 3-1 dari Madura United.

Persib juga menjadi tim ke-2 setelah Barito Putera yang paling sering kebobolan. Gawang mereka sudah 9 gol kemasukan.

Hasil buruk saat bertandang ke markas Borneo FC menjadikan Persib harus berkutat di papan bawah. Ini menjadikan tim segera melakukan evaluasi karena mereka belum sekalipun meraih kemenangan.

Persib Awali Laga dengan Baik

Dalam pertandingan itu, Persib sesungguhnya mengawalinya dengan baik. Mereka unggul lebih dulu melalui David da Silva saat pertandingan baru berjalan 9 menit. Sundulannya yang menyambut umpan Robi Darwis mampu menaklukkan kiper Dwi Kuswanto.

Namun keunggulan itu tak bertahan lama. Tuan rumah hanya butuh 8 menit untuk menyamakan kedudukan saat Fajar Faturrahman melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti.

Skor berubah menjadi 1-1, Borneo FC pun lebih agresif menekan lawan. Hasilnya di menit 23, mereka berbalik unggul ketika Terens Puhiri memanfaatkan bola rebound untuk menaklukkan kiper Teja Paku Alam.

Setelah unggul 2-1, Borneo FC menguasai permainan. Di babak ke-2, mereka tak menurunkan tempo permainan. Ini menyulitkan Persib mengejar ketinggalan gol.

Petaka bagi Pangeran Biru saat mereka mendapat serangan dari Borneo FC pada menit 64. Kiper Teja Paku Alam terpaksa meninggalkan gawang untuk menepis bola. Namun bola justru mengarah pada Lilipaly. Pemain naturalisasi asal Belanda ini kemudian melepaskan tendangan ke gawang yang kosong.

Selanjutnya, Matheus Pato melengkapi kemenangan tuan rumah menjadi 4-1 dengan gol indahnya. Tendangan salto atau bicycle kick dia menembus gawang Persib saat pertandingan tinggal 2 menit lagi. Skor berubah menjadi 4-1 dan bertahan sampai wasit meniup peluit akhir laga.*

Artikulli paraprakFulham Vs Liverpool, Mohamed Salah Gagalkan Kejutan Tim Promosi
Artikulli tjetërLivin’ By Mandiri Indonesia 3×3 Tournament 2022, Seri Jateng dan DIY