Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2022 digelar di Semarang dan Yogyakarta. (Foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – Turnamen bola basket 3X3 bakal hadir di Semarang dan Yogyakarta. Ini merupakan rangkaian seri di Jawa Tengah dan DIY dari turnamen bertajuk “Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2022″ yang diselenggarakan Supersport Sensation International (PT SSS) bekerjasama dengan PT Bank Mandiri Tbk dan didukung PP Perbasi.

Turnamen bola basket 3X3 tingkat KU-18 dan KU-23 putra dan putri merupakan program youth-development dengan harapan munculnya bibit-bibit muda pemain bola basket 3X3 yang potensial. PP Perbasi berharap mereka bisa menjadi atlet nasional dan memajukan cabor bola basket 3X3 Indonesia di masa mendatang.

Perbasi pun menjadikan turnamen ini sebagai agenda rutin tahunan. Selain itu, seluruh peserta kegiatan akan terdaftar di FIBA 3×3 play. Mereka bakal mendapatkan poin ranking sesuai dengan pencapaian prestasi di turnamen ini.

Kami juga memberi kesempatan kepada tim-tim yang gagal di 2 seri sebelumnya untuk tampil di Semarang dan Yogyakarta kecuali tim yang menjadi juara dan peringkat 2

“Kami mendukung penuh turnamen level remaja putra dan utri ini. Kami berharap akan lebih banyak lagi kompetisi seperti ini karena sangat mendukung perkembangan komunitas bola basket 3X3 di tanah air,” kata Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih.

Kota Semarang akan mengawali seri berikutnya setelah Jakarta untuk seri DKI Jakarta pada Maret 2022 dan Bandung serta Bogor untuk seri Jawa Barat pada Juni 2022. Di Semarang yang merupakan babak penyisihan kota (city selection), turnamen dilaksanakan di GOR Patriot pada Rabu (14/8/2022). Selanjutnya, Yogyakarta menjadi tuan rumah dengan penyelenggaraan di Planet Futsal Jogja, Sabtu (17/8/202).

“Kami dari SSS juga merasa bangga dapat bermitra dengan PT Bank Mandiri dan PP Perbasi dalam penyelenggaraan turnamen ini. Kami berterima kasih telah mendapatkan dukungan penuh dari seluruh Pengda Perbasi Jateng dan DIY,” kata Azwan Karim, Direktur PT SSS, saat memberi keterangan pers di Sleman, Senin (8/8/2022).

Turnamen Melibatkan 1200 Atlet

Menurut Azwan, turnamen bola basket 3X3 melibatkan lebih dari 1200 atlet-atlet bola basket pada 2 seri DKI dan Jabar. Mereka berasal dari dari berbagai wilayah di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa.

“Untuk seri di Jateng dan DIY, tidak menutup kemungkinan menerima peserta dari luar provinsi itu. Kami juga memberi kesempatan kepada tim-tim yang gagal di 2 seri sebelumnya untuk tampil di Semarang dan Yogyakarta kecuali tim yang menjadi juara dan peringkat 2,” ucap dia.

Lebih lanjut, Azwan menuturkan, “Kami akan terus mengembangkan kerjasama dengan pihak Pengda lokal Perbasi untuk meningkatkan kualitas kompetisi 3X3 tingkat nasional ini. Dalam semangat Hari Kemerdekaan RI, turnamen ini dapat menyumbangkan sebuah pagelaran acara olah raga yang menampilkan sportivitas dan level kompetisi yang tinggi.”

Sementara, Tournament Project Director, Chaerul Anwar Azis mengatakan usai pelaksanaan babak penyisihan di Semarang dan Yogyakarta, kompetisi ini akan berlanjut ke tahap Final Provinsi (Province Finals), yang akan diselenggarakan di Atrium Sleman City Hall pada 20-21 Agustus 2022. Selanjutnya untuk juara 1 dan 2 dari setiap provinsi otomatis lolos ke Grand Finale yang digelar pada Desember 2022.

Dengan biaya registrasi sebesar seratus ribu rupiah, Livin’ by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament ini menyediakan total hadiah 300 juta rupiah untuk seluruh pelaksanaan turnamen. Bagi tim-tim di luar daerah yang lolos dari tahap city selection, panitia pelaksana mengalokasikan dana transpor untuk berangkat ke Sleman mengikuti final provinsi.*

Artikulli paraprakBorneo FC Pesta Gol, Persib Bandung di Papan Bawah
Artikulli tjetërLewati Laga Menegangkan, Indonesia ke Final Piala AFF U-16 2022