Ambassador Livin' by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2022 Ali 'Jordan' Budimansyah. (Foto: Supersport Sensation International)

OLENAS.ID – Para pebasket remaja di Jawa Tengah mendapat kesempatan unjuk kebolehan di ajang Livin’ Mandiri Indonesia 3×3 Tournament. Mantan pebasket tim nasional Ali ‘Jordan’ Budimansyah berharap munculnya atlet-atlet muda di turnamen basket 3×3 akan digelar di GOR Satria Semarang, Jawa Tengah, Minggu (14/8/2022).

Turnamen bola basket 3×3 yang mendapat dukungan dari Bank Mandiri ini membidik KU-18 dan KU-23 putra/putri. Turnamen pun terdaftar dalam agenda tahunan PP Perbasi sehingga atlet muda dari basket 3 lawan 3 ini bakal terus bermunculan dan regenerasi atler diharapkan berjalan dengan baik.

Setelah menggelar 2 seri di Jabodetabek (Jakarta) dan Jawa Barat (Bandung dan Bogor), Livin’ by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2022 akan hadir di Jateng dan DIY. Kota Semarang dan Sleman, DIY menjadi city selection berikutnya.

Pada turnamen seri Jabodetabek dan Jabar, level kompetisinya cukup tinggi dan saya yakin acara di Jateng tidak akan kalah meriah dan kompetitif dengan seri-seri sebelumnya

Ambassador Livin’ by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2022 Ali Budimansyah mengajak pebasket muda yang ada di Jawa Tengah dan sekitarnya memanfaatkan momentum ini. Menurut dia ajang ini bisa menjadi jembatan menuju panggung lebih tinggi. Namun peserta tidak dibatasi hanya untuk Semarang dan sekitarnya serta DI Yogyakarta. Pebasket dari luar Jateng dan DIY bisa mengikuti city selection di Semarang dan Yogyakarta.

“Manfaatkan kesempatan ini untuk menunjukkan kemampuan kalian menjadi bagian dari basket 3×3 masa depan,” kata Ali.

Ajang ini dibuka untuk atlet muda putra dan putri. Sebelumnya, turnamen yang muncul atas kerja sama Supersport Sensation International (PT SSS) dengan PP Perbasi ini digelar di Jabodetabek pada Maret dan Jawa Barat pada Juni 2022.

Dalam 2 seri tersebut, ajang ini berhasil melibatkan lebih dari 1200 atlet-atlet bola basket 3X3 dari berbagai wilayah di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa.

“Olahraga bola basket 3×3 ini sangat berpotensi dikembangkan di komunitas pebasket tanah air. Pada turnamen seri Jabodetabek dan Jabar, level kompetisinya cukup tinggi dan saya yakin acara di Jateng tidak akan kalah meriah dan kompetitif dengan seri-seri sebelumnya,” ucap pelatih timnas 3×3 Indonesia pada SEA Games Hanoi 2021 yang mendapat julukan Ali Jordan saat masih aktif sebagai pebasket.

Semangat Kemerdekaan diharapkan menjadi penyemarak dalam kegiatan yang akan dilaksanakan di Semarang pada 14 Agustus 2022. Usai pelaksanaan di Semarang, Livin’ by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2022 berlanjut di Yogyakarta. Seri ke-4 dijadwalkan berlangsung pada 17 Agustus 2022 di Planet Futsal Jogja.

Dari pelaksanaan di dua kota tersebut, kegiatan ini akan berlanjut ke tahap Final Provinsi (Province Finals), yang akan diselenggarakan di Atrium Sleman City Hall pada 20-21 Agustus 2022. Selanjutnya untuk juara 1 & 2 dari setiap provinsi akan otomatis lolos ke Babak Grand Finale yang akan digelar pada Desember 2022.

“Tujuan utama dari ajang ini adalah youth-development program, yaitu mencari bibit-bibit muda pemain bola basket 3X3, yang diharapkan kelak menjadi atlet nasional dan memajukan cabor bola basket 3X3 Indonesia,” kata Direktur PT SSS, Azwan Karim.

“Seluruh peserta kegiatan ini akan terdaftar di FIBA 3×3 play, dan akan memperoleh poin ranking sesuai dengan prestasi yang dicapai dalam turnamen ini. Jadi ini kesempatan langka yang seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik,” ujar dia.*

Artikulli paraprakLewati Laga Menegangkan, Indonesia ke Final Piala AFF U-16 2022
Artikulli tjetërKado Indah Untuk Perayaan Kemerdekaan RI : Juara AFF U-16 2022