Pemain depan Liverpool Mohamed Salah. (Foto: Fars Media Corporation dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0)

OLENAS.ID – Bintang Liverpool, Mohamed Salah telah memberikan donasi sebesar US$155 ribu atau Rp2,2 miliar untuk pembangunan kembali gereja Abu Sefein di Giza, Mesir yang terbakar. Kebakaran pada Minggu (14/8/2022) pagi mengakibatkan 41 orang meninggal dunia.

“Saya ucapkan belasungkawa yang tulus kepada para korban Gereja Abu Sefein, dengan harapan terbaik saya untuk pemulihan yang cepat bagi semua yang terluka,” ucap Salah.

Sekitar 1.000 jamah Kristen Koptik sedang mengikuti misa di gereja yang terletak di seberang Sungai Nil itu. Api, yang diyakini dimulai dari korsleting listrik di unit pendingin udara, menghalangi jalan keluar jamaah.

CNN melaporkan bahwa setidaknya 18 anak termasuk di antara yang tewas.

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi menyampaikan “belasungkawa yang tulus kepada keluarga para korban tak berdosa yang telah meninggal bersama Tuhan mereka di salah satu rumah ibadahnya”. Dia memerintahkan angkatan bersenjata untuk membangun kembali gereja – sebuah proses yang sekarang akan dibantu oleh Salah.

Penyerang Liverpool, yang lahir di Nagrig, di utara Mesir, tidak asing dengan membantu kegiatan amal, baik di Inggris maupun di negara asalnya. Sunday Times menilai dia sebagai orang paling dermawan kedelapan di Inggris. Surat kabar itu memperkirakan bahwa dia baru-baru ini memberikan sekitar £2,5 juta – setara dengan enam persen dari kekayaannya yang diperkirakan £41 juta. ***

Artikulli paraprakTimnas Hoki Indoor Putri Indonesia Runner Up Asia Cup 2022, Pertama Kali ke Final
Artikulli tjetërAneh, Sudah Diumumkan Kapan Kick Off Liga 2 2022, PSSI Masih Kelompokkan Tim Peserta