PSM Makassar hadapi Kuala Lumpur CIty FC (Foto : AFC)

OLENAS.ID – PSM Makassar harus mengubur mimpinya di Piala AFC 2022 setelah menyerah 2-5 dari Kuala Lumpur City FC di babak final Zona ASEAN Piala AFC 2022 di KLFA Stadium, Rabu (24/8/2022).

Pelatih PSM, Bernardo Tavares dalam laga itu memainkan skema yang tidak biasa, yakni 4-4-2 Everson dan Rizky Eka Pratama di depan, Wiljan Pluim mendukung serangan dari lini tengah Sedangkan Yakob Sayuri dan Kenzo Nambu bermain di sayap.

Skema 4-4-2 juga dimainkan oleh Kuala Lumpur City FC. Pelatih KLC FC, Bojan Hodak memasang duet Jordan Mintah dan Paulo Josue sebagai ujung tombak.

Laga berlangsung sengit dan cepat. PSM mendapat tekanan dari tim tuan rumah. PSM hanya memanfatkan serangan balik dan situasi bola mati.

Kiper PSM, Reza Arya berulang kali berjibaku menahan gempuran KLC FC, hingga di menit ke-31 tak mampu menahan tembakan Romel Morales.

Di masa injury time babak pertama, menit ke-45+2′, Kuala Lumpur City FC memperbesar keuanggulan menjadi 2-0. Umpan mendatar Romel Morales mampu dimanfaatkan oleh Jordan Mintah untuk mengoyak gawang PSM.

Memasuki babak kedua, Wiljan Pluim mendapat kawalan ketat yang membuat aliran serangan PSM tersumbat. KLC FC mendapat hadiah penalti, yang mampu dieksekusi dengan baik oleh Paulo Josue.

Tertinggal tiga gol membuat PSM menyerang total. Yacob Sayuri yang mendapat operan dari Kenzo Nambu mampu memperkecil ketinggalan menjadi 1-3.

Lima menit kemduian Akbar Tanjung menambah gol untuk PSM. Umpan dari Rasyid Bakri dari tendangan sudut disambar dengan sundulan yang mengoyak jala gawang KLC FC.

Menjelang babak kedua berakhir, KLC FC menambah keunggulan di menit ke-84. Bola rebound yang gagal diantisipasi kiper PSM segera disambar oleh Paulo Josue.

Di masa injury time, Kuala Lumpur City FC menambah keunggulan melalui eksekusi Hadin Azman. Kiper Reza Arya melakukan pelanggaran dengan terlalu tinggi mengangkat kakinya.

Hingga laga usai tak ada gol tambahan, PSM Makassar tersingkir dengan skor 2-5.

Kekalahan itu tak lepas dari padatnya jadwal yang harus diarungi PSM, Dalam sembilan hari, PSM Makassar harus bertanding sebanyak tiga kali.

Sebelum bertandang ke kandang KLC FC, PSM melakoni laga menghadapi Arema FC pada 20 Agustus 2022. Usai dari Kuala Lumpur, PSM akan menjamu Persib Bandung pada 29 Agustus 2022, jadwal yang mundur sehari. ***

Artikulli paraprakSergio Alexandre Jadi Pelatih Keempat yang Dipecat Saat Kompetisi Baru Enam Laga
Artikulli tjetërDejan Antonic, Pelatih Barito Putera Jadi Korban Kelima Liga 1 2022/2023