Workshop Liga 3 dan Piala Soeratin DIY (Foto : Asprov DIY)

OLENAS.ID – Liga 3 Piala Soeratin DI Yogyakarta akan segera digelar. Piala Soeratin lebih dulu kick-off nya yakni 18 September 2022, sedangkan Liga 3 mulai 1 Oktober 2022.

“Untuk Piala Soeratin untuk KU-13, KU-15 dan KU-17 mulai 18 September. Sedangkan Untuk Liga 3 dimulai 1 Oktober.

“Pemain di Liga 3 dengan batas usia kelahiran 1 Januari 2000 hingga 31 Desember 2004, bisa mendaftarkan lima pemain senior, bisa bermain tiga, status pemain seluruhnya adalah amatir,” ujar Wakil Ketua Asprov PSSI DIY, Wahyudi Kurniawan saat berbicara di workshop untuk Liga 3 dan Piala Soeratin di AUla Bappeda Sleman, Minggu (28/8/2022).

Peserta Liga 3 DIY tahun ini bertambah dengan adanya 4 empat baru, sehingga total yang turut sebanyak 22 tim.

“Empat disiapkan yakni Mandala Krida, Kridosono, Sultan Agung Bantul, Dwi Windu Bantul, Tridadi Sleman dan Gelora Handayani Gunungkidul,” sambung Wahyudi.

Sistem pertandingan untuk Liga 3 akan dilaksanakan dalam sistem grup, dengan kemungkinan dibagi dalam empat grup home turnamen. Hal tersebut dilakukan agar tiap klub paling tidak bisa bermain delapan kali hingga babak final.

“Kami berusaha agar tiap tim minimal main 8 kali sampai final untuk memenuhi aturan dari PSSI Pusat. Ini penting agar nantinya DIY bisa meloloskan dua wakil di putaran nasional. Kami berharap, semakin banyak wakil DIY yang lolos maka kualitas sepakbola kita bisa semakin baik,” ungkapnya lagi.

Sementara untuk Piala Soeratin, ada aturan baru yang diterapkan terkait pemain non DIY. Kali ini aturan tegas menyebutkan tiap tim hanya boleh mendaftarkan tiga orang pemain Non DIY. Untuk KU-13 pemain kelahiran 1 Januari – 31 Desember 2009, KU-15 pemain kelahiran 1 Januari 2007 – 31 Desember 2008 dan KU-17 kelahiran 1 Januari 2005 – 31 Desember 2006.

Berikut daftar klub calon peserta Liga 3 DIY :

Persig Gunungkidul, Gunungkidul Tiger FC, Rajawali FC, Persikup Kulonprogo, Satria Adikarta, Raga Putra Menoreh, Gadjah Mada FC, Tunas Jogja, Jogja Istimewa Football, UAD FC, PS HW, FC UNY, PS Indonesia Muda, Mataram Utama Manggala, Sleman United, PS Tunas Ngaglik, Protaba Bantul, Persiba Bantul, Bantul United, JK United, PS Baturetno, Duta Pro Bina Taruna KCM. ***

Artikulli paraprakUsai Dibantai Bali United, Persik Kediri Umumkan Pelatih Baru
Artikulli tjetërSeto Rencanakan Mundur Dari PSS, Tunggu Hasil Rembukan Keluarga